Stadion Bermasalah di Liga 1 2020, Klub Bisa Jadi Musafir

Football5Star.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyebut masih ada stadion yang diajukan untuk Liga 1 2020 belum memenuhi standar. Bahkan, mereka bisa bertindak tegas dengan tak mengizinkan klub itu bermarkas di stadion yang kurang layak.

Seperti diketahui, belakangan tim verifikasi LIB sudah menyebar ke beberapa stadion untuk mengecek kesiapan jelang bergulirnya kompetisi strata satu Indonesia itu. Tapi, verifikasinya belum selesai hingga ke-18 tim peserta.

Hanya saja sejauh ini sudah ada temuan stadion yang kurang layak di Liga 1 2020. Tapi secara keseluruhan, stadion-stadion yang diajukan untuk menggelar laga musim depan sudah memenuhi kriteria.

Stadion Bermasalah di Liga 1 2020, Klub Bisa Jadi Musafir
Indra/F5S

“Kami sedang bergerak ke daerah-daerah. Ada beberapa, sebagian banyak standar stadion sudah terpenuhi. Tapi masih ada seperti lampunya yang rusak dan lain-lain,” ungkap Direktur LIB, Cucu Soemantri kepada wartawan.

Paling tidak, lanjut Cucu, ada sekitar lima stadion yang membutuhkan verifikasi. Bahkan dia menyebut kalau stadion itu benar-benar tak layak menggelar laga, klub harus jadi tim musafir musim depan.

“Kalau mereka tidak memenuhi persyaratan ya tidak bisa. Tapi kami akan carikan solusinya. Sehingga mungkin dia kandangnya digeser dulu. Tahun ini ada juga yang menyarankan minta stadionnya bagus, tapi pakai rumput sintetis. Standard FIFA itu dibolehkan, sehingga kami izinkan,” tutup pria yang jua menjabat sebagai Waketum PSSI itu.