Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-20, PKL Diminta Libur Berdagang

Football5star.com, Indonesia – Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan bahwa selter pedagang kaki lima (PKL) di sekitaran Stadion Manahan, Solo akan steril pada Januari tahun depan. Hal ini dilakukan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Menurut pihak Kepala Dinas Perdagangan (Disdag)Kota Solo, Heru Sunardi seperti dikutip Football5star.com dari Solopos, langkah ini dilakukan meski belum ada jawaban dari pihak PSSI terkait perlu tidaknya PKL di sekitaran Manahan di relokasi.

Januari awal kalau bisa steril selama enam bulan walaupun permintaan pedagang satu bulan atau dua bulan [pengosongan]. Tapi kami enggak boleh menunggu-nunggu. Proses tetap berjalan kalau toh belum ada jawaban [dari PSSI] tahapan tetap kami lakukan,” kata Heru Sunardi, Jumat (23/10/2020).

FIFA Tinjau Stadion Manahan Terkait Bidding Piala Dunia U-20 2021

Pihak Disdag sendiri sudah melakukan sosialisasi kepada para pkl bahwa langkah ini ditempuh untuk persiapan Solo sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Heru menjelaskan ada 134 pedagang yang menempati Selter Manahan barat dan Selter Manahan timur. Pemkot Solo sudah menyiapkan lokasi pengganti di sejumlah selter supaya pedagang tetap bisa berjualan.

Namun pihak pedagang yang diwakili Ketua Paguyuban Gotong Royong atau Paguyuban Selter Manahan Barat, Koko mengatakan bahwa pihak mereka masih menolak menempati lokasi baru yang disediakan Pemkot Solo.

PKL Diminta Libur Berdagang

Sebelumnya, Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa dirinya lebih cenderung tidak melakukan relokasi karena para PKL itu sepakat meliburkan diri.

“Kalau boleh seperti itu (libur saat Piala Dunia, sehingga tak ada pemindahan PKL), saya malah lebih senang karena enggak perlu cari tempat pengganti.” kata FX Hadi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk enam provinsi untuk dijadikan tempat penyelenggaraan Piala Dunia (World Cup) U-20 pada tahun 2021. Ke enam provinsi yakni DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

“Kita sudah memilih 6 provinsi sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan yaitu di DKI Jakarta, di Provinsi Sumatera Selatan, provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur dan provinsi Bali,” kata Jokowi dalam rapat terbatas persiapan penyelenggaraan piala dunia U-20 Tahun 2021 beberapa waktu lalu.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More