Stefan Effenberg: Masalah Borussia Dortmund Ada di Lini Depan

Football5Star.com, Indonesia – Borussia Dortmund mengalami pekan buruk di Liga Jerman. Dalam dua laga terakhir, Marco Reus cs. kalah dari Bayer Leverkusen dan Borussia Moenchengladbach. Sebelumnya, mereka juga diimbangi 1.FSV Mainz 05. Menurut Stefan Effenberg, itu tak terlepas dari kontribusi yang minim dari lini depan dalam bertahan.

Lini depan Borussia Dortmund musim ini termasuk salah satu yang paling menakutkan. Trio Erling Haaland, Marco Reus, dan Jadon Sancho sangat agresif dalam mengacak-acak pertahanan lawan. Namun, kata Effenberg, mereka tak punya kemauan yang kuat untuk membantu pertahanan. Dia memberi contoh saat Die Schawarzgelben kalah 2-4 dari Gladbach.

“Ketika Anda punya empat penyerang top di depan: Erling Haaland, Jadon Sancho, Marco Reus, dan Julian Brandt yang tak siap beralih dari menyerang ke bertahan, bagaimana bisa tim ini berfungsi?” urai Stefan Effenberg seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Pertahanan Borussia Dortmund lemah karena para pemain di lini depan tak mau ikut bertahan.
timesofmalta.com

Pandangan serupa diungkapkan Reiner Calmund, eks direktur di Bayer Leverkusen. Bedanya, dia menilai keengganan dalam bertahan bukan hanya diperlihatkan lini depan. Dortmund, kata dia, tak mampu bertahan secara kolektif.

“Saya sudah melihat hal itu saat melawan Leverkusen pekan lalu. Seluruh anggota tim kurang kemauan untuk berlari ke belakang dan bekerja membantu pertahanan,” ujar Calmund.

Effenberg Usul Ubah Line-up

Marco Reus diminta Stefan Effenberg menunjukkan kepemimpinannya di lapangan.
calciomercato.it

Stefan Effenberg mengungkapkan satu solusi sederhana untuk mengatasi masalah yang ada. Borussia Dortmund harus menyeimbangkan kembali tim agar dapat bertahan dan menyerang dengan sama baiknya.

“Mungkin ini kesalahan susunan pemain. Sepertinya mereka harus mengorbankan satu atau dua penyerang untuk mendatangkan kestabilan dan lebih dekat ke tengah saat bertahan. Jika empat atau lima pemain diam saja saat kehilangan bola, Anda pasti tak akan bisa bertahan,” kata Effenberg.

Selain itu, Effenberg juga meminta para pemain senior Borussia Dortmund menunjukkan kepemimpinannya. Dia tak melihat itu pada laga melawan Gladbach. Seharusnya, menurut dia, Reus sebagai kapten mampu mereorganisasi tim saat berkali-kali kebobolan dari situsasi bola mati.

“Mats Hummels harus mengambil tanggung jawab. Lalu, di mana sebenarnya kapten Marco Reus? Mereka inilah, bukannya Terzic, yang terutama bertanggung jawab untuk membuat situasi di lapangan kembali terkendali,” ucap Stefan Effenberg.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More