Stefano Pioli Merasa Tak Salah Soal Posisi Soualiho Meite

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah kejutan dibuat Stefano Pioli saat AC Milan menjamu Atalanta, Minggu (24/1/2021) dini hari WIB. Dia memasang Soualiho Meite sebagai gelandang serang. Putusan itu kontan dianggap kekeliruan setelah I Rossoneri takluk 0-3 dari La Dea.

Pioli pun secara tidak langsung seperti mengakui kesalahan itu. Buktinya, dia menarik Meite saat babak kedua dimulai. Saat itu, I Rossoneri tertinggal 0-1. Sebagai gantinya, masuk Brahim Diaz yang memang berposisi gelandang serang. Itu bak buah simalakama karena Milan lantas kebobolan 2 gol lagi.

Akan tetapi, Pioli ternyata tak merasa keliru. Dia menjelaskan alasan memasang Meite sebagai starter di posisi yang tak biasa itu. “Atalanta adalah tim yang sangat mengandalkan fisik. Saya merasa kami butuh gelandang lain yang dapat mengatasi itu di lapangan,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari Football Italia.

Eksperimen Stefano Pioli terhadap Soualiho Meite tak berjalan sesuai harapan.
Getty Images

Adapun soal putusan mengganti Meite dengan Diaz pada awal babak kedua, Pioli berujar, “Saya tahu Brahim Diaz ada di bangku cadangan dan dapat masuk untuk memberikan karakteristik berbeda pada peran tersebut.”

Lebih lanjut, Pioli menegaskan eksperimennya terhadap Meite tak akan berhenti. Saat ditanya soal kemungkinan mengulang putusan itu pada laga lain, dia berujar, “Ya, saya akan melakukannya lagi.”

Pioli Sudah Beri Isyarat

Soualiho Meite sudah diinstruksikan bermain lebih ke depan saat menjalani debut lawan Cagliari.
Getty Images

Putusan memasang Soualiho Meite di posisi gelandang serang sebetulnya tidaklah mendadak dan mengejutkan. Sehari sebelumnya, Peppe Di Stefano dari Sky Sport Italia sudah mengungkapkan kemungkinan tersebut. Dia menyebut Stefano Pioli mungkin memasang sang pemain baru di posisi tak biasa.

Indikasi lain terlihat saat Meite melakukan debut bersama AC Milan pada laga melawan Cagliari. Saat itu, dia menggantikan Sandro Tonali ketika pertandingan bersisa 18 menit. Meskipun tampil sebagai gelandang tengah, dia didorong lebih ke depan oleh Pioli jelang akhir laga.

Terlepas dari hal itu, putusan Stefano Pioli tetap saja bisa dianggap perjudian gagal atau bahkan blunder. Pasalnya, sepanjang membela Torino, Soualiho Meite tak pernah bermain sebagai gelandang serang. Hanya dua posisi yang dijalaninya, yakni gelandang tengah dan gelandang bertahan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More