Stephanie Frappart, Wanita Pertama yang Pimpin Laga Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Matchday kelima Liga Champions pekan ini akan menghadirkan sejarah baru. Untuk pertama kalinya laga di kompetisi paling bergengsi di Eropa dipimpin wasit wanita.

Wasit wanita yang dimaksud adalah Stephanie Frappart. Nama Frappart memang sudah tidak asing lagi di kancah sepak bola pria. Pengadil asal Prancis sudah beberapa kali memimpin pertandingan Ligue 1.

Namanya juga dipilih pada laga Piala Super Eropa musim lalu. Kala itu Frappart memimpin laga Liverpool vs Chelsea.

Stephanie Frappart dinilai tampil apik oleh Juergen Klopp saat mewasiti laga Piala Super Eropa antara Liverpool dan Chelsea.
kralspor.ensonhaber.com

Walau sudah berpengalaman, Stephanie Frappart belum pernah memimpin pertandingan di Liga Champions. Maka dari itu dia akan menuliskan namanya dalam buku sejarah sebagai pengadil wanita pertama di kompetisi ini.

Wasit berusia 36 tahun akan memimpin laga Juventus vs Dynamo Kyiv di Turin, Kamis (3/12/2020) dinihari WIB. Namanya memang jadi fenomena baru di dunia sepak bola.

Selain sudah memimpin pertandingan di Ligue 1 dan Piala Super Eropa, Stephanie Frappart juga sudah menjadi pengadil pada ajang Liga Europa Oktober lalu antara Leicester City vs Zorya Luhansk. Dan ini sekaligus menjadikannya wasit wanita pertama yang memimpin Liga Europa.

Di sisi lain, sosok Frappart memang tidak bisa dipisahkan dari dunia sepak bola. Sebelum memutuskan banting stir menjadi wasit, dia sempat berkarier sebagai pemain. Tapi beranjak dewasa dia lebih tertaring sebagai pengadil.

“Saya bermain sepak bola di rumah saya di Val d’Oise, kemudian saat berusia 13-14 tahun saya menjadi tertarik dengan peraturan pertandingan. Saya kemudian pindah dari tempat tinggal saya dan memulai menjadi wasit. Saat berusia 18 tahun saya harus memilih sepak bola dan wasit,” katanya kepada L’Express.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More