Sterling Usulkan Hukuman Berat untuk Suporter Rasial

Football5star.com, IndonesiaWinger Manchester City, Raheem Sterling memberikan usulan hukuman berat untuk klub yang suporternya bertindak rasial. Menurut Sterling, klub tersebut wajib mendapat pengurangan 9 poin.

“Kedengarannya mungkin sangat berat, namun itu akan membuat suporter berpikir dua kali untuk melakukannya,” kata Sterling seperti dikutip football5star.com dari bbc, Selasa (23/4/2019).

“Suporter mana yang akan tega untuk melihat tim kesayangan mereka harus dihukum banyak poin. Itu akan membuat klub mereka berada di zona tak nyaman,” tambah Sterling.

Menurut Sterling, banyaknya aparat keamanan tidak berefek cukup banyak untuk menghentikan suporter bertindak rasial. Karenanya ia meminta federasi sepak bola di seluruh dunia, utamanya di Inggris untuk bertindak tegas dengan menghukum klub.

Ditambahkannya bahwa masalah rasial di sepak bola saat ini begitu kompleks dan mendalam. Sulit untuk mengurainya hanya dengan menangkap satu persatu mereka yang bertindak rasial.

Ia percaya bahwa tindakan suporter seharusnya menjadi tanggung jawab penuh sebuah klub sepak bola. Perlu ada kerjasama antara manajemen klub dan kelompok suporter itu bersama merumuskan solusi dari masalah ini.

“Saya tidak tahu kapan hal ini akan berhenti. Namun tetap kita harus memulainya dari sekarang. Saya tidak ingin banyak pesepak bola berkulit hitam jadi korban berikutnya.” tutup pemain berusia 24 tahun tersebut.

Raheem Sterling beberapa waktu lalu ikut menandatangani manifesto yang digagas The Times bersama dengan BAME, organisasi penentang tindakan rasial, yang berisi hukuman keras terhadap pelaku rasial.

“Perlu ada kesadaran bersama dari semua pihak untuk segera menghentikan tindakan menjinjikan ini. Harus ada perubahan radikal untuk mengakhiri ini semua.” bunyi manifesto tersebut.

Comments are closed.