Steven Gerrard: Sepak Bola Skotlandia Masih Rentan Rasialisme

Football5star.com, Indonesia – Tanah Britania Raya yang selama ini dikenal sangat bersahabat dengan pemain berkulit hitam ternyata tidak luput dari aksi rasialisme para suporter. Hal ini diakui oleh pelatih Glasgow Rangers, Steven Gerrard.

Steven Gerrard mengatakan bahwa sepak bola Skotlandia masih rentan pada masalah rasialisme. Ungkapan ini tak lepas dari pelecehan yang diterima striker andalannya, Alfredo Morelos.

Sebagai informasi, Alfredo Morelos mendapat ejekan rasial saat Rangers menghadapi musuh bebuyutannya, Celtic, di Stadion Parkhead akhir Januari lalu. Fan Celtic menirukan suara monyet saat sang bomber mendapat kartu merah.

Alfredo Morelos - Rangers - Steven Gerrard - Liverpool - Daily Record
Daily Record

“Kami selalu mendukung siapa pun baik di dalam maupun luar lapangan. Jika mereka merasa menderita karena pelecehan di tribun, kami selalu ada 100 persen. Kami selalu mendukung pemain lain yang mengalami nasib serupa,” ujar Gerrard seperti dilansir Mirror, Rabu (5/2/2020).

“Sepertinya rasialisme masih menjadi masalah di Skotlandia. Saya menjadi orang yang sangat vokal dalam mengatakan bahwa kita semua harus terus melakukan apa yang perlu dilakukan untuk memberantasnya. Rasialisme merusak olahraga,” ia menambahkan.

Di sisi lain, legenda Liverpool menegaskan bahwa striker asal Kolombia itu telah membawa perubahan di Liga Skotlandia. Dia pun berharap masalah yang sedang dialami Morelos tidak mempengaruhi performa di lapangan.

“Kami senang bekerja sama dengan Alfredo. Dia pemain yang fantastis. Saya pikir dia membawa sesutau yang berbeda di liga ini. Dia membuat liga jauh lebih menarik jadi saya harap masalah itu tidak mempengaruhinya,” tutup Steven Gerrard.