Striker Indonesia Sebenarnya Tak Kalah Dibanding Penyerang Asing

Football5Star.com, Indonesia – Striker asli Indonesia sebenarnya tak kalah kualitas bila dibandingkan dengan penyerang asing. Hal itu dibeberkan oleh salah satu legenda Timnas Indonesia, Bambang Nurdiansyah.

Eksistensi para striker Indonesia memang perlahan-lahan mulai terkikis dengan kedatangan penyerang asing. Terakhir kali penyerang lokal menjadi raja di negeri sendiri pada 2013 kala Boas Solossa menjadi top skorer.

Bahkan, pada era Liga 1 sejak 2017 tak ada satu pun penyerang lokal yang keluar jadi top skorer. Hal ini bisa jadi karena memang klub lebih mengutamakan penyerang asing untuk jadi juru gedor.

“Salah satunya memang keberadaan pemain asing. Tapi kalau ada kompetisi level junior yang berjenjang, pemain kita bisa bersaing kok. Asing kita gak bagus-bagus amat,” ungkap Bambang Nurdiansyah saat berbincang di YouTube Football5Star.

“Ketika pemain kita dikontrak di Liga 1 setidaknya bisa bersaing. Karena memang di negara manapun pasti ada pemain asing. Saya mengerti klub juga kan dituntut prestasi, makanya cari pemain berkualitas,” sambung dia.

Menurut Bambang Nurdiansyah, memang seharusnya dievaluasi soal regulasi pemain asing di Liga 1. Karena memang, kesempatan pemain lokal susah kalau masih mengandalkan penyerang asing.

“Terutama striker, karena tak ada pemain asing sayap. Pemain sayap kita bagus. Masalah kita kan di striker dan stopper. Kita kurang, kan asing semua. Jadi menurut saya ya kita evaluasi lah,” beber Bambang Nurdiansyah.

Semasa jadi pemain, Bambang Nurdiansyah memang merupakan striker yang sangat buas. Buktinya, dia sukses merebut empat kali gelar top skorer era Galatama. Tak cuma itu, dia jua berhasil menjadi juara di tiga tim berbeda, yakni Yanita Utama, Krama Yudha Tiga Berlian, dan Pelita Jaya.

“Sementara ini kita harus siapkan pemain-pemain kita bisa bersaing di usia muda, nantinya ketika ke senior bisa bersaing dengan pemain asing. Sebetulnya bisa asal anak-anak kita diberi kesempatan bagus, jam terbang bagus, kompetisinya bagus,” tutup dia.

Bambang NurdiansyahLiga 1Liga 1 2020