Sunderland Bisa Punya Fanbase di Korea Utara

Football5star.com, Indonesia – Sebuah ide gila sedang direncanakan oleh salah satu penggemar klub divisi ketiga Liga Inggris, Sunderland, Tom Fowdy. Ia berniat mendirikan basis penggemar Black Cats di salah satu negara paling tertutup di dunia, Korea Utara.

Korea Utara memiliki reputasi  sebagai salah satu negara yang paling ketat soal masuknya budaya internasional ke negara mereka. Meski sepak bola juga merupakan olahraga dengan penggemar terbanyak di sana, mendirikan fanbase klub, apalagi sekelas Sunderland, jelas bukan perkara mudah.

Akan tetapi, faktor terakhirlah yang memotivasi Fowdy untuk tetap mewujudkan niatnya. Fowdy merupakan mahasiswa asal Sunderland yang juga sarjana Universitas Oxford, jurusan Kajian China.

Sunderland - Korea Utara - Football5star - Tom Fowdy
bbc.com

“Aku terinspirasi untuk mengembangkan passion dalam dunia sepak bola. Aku melihat, olahraga ini punya banyak penggemar di Korea Utara. Masyarakat di sana jelas menyukai sepak bola, ini adalah olahraga di semenanjung sana,” katanya seperti dikutip dari BBC.

“Jika aku bisa melakukannya, maka Sunderland akan menjadi klub sepak bola Inggris pertama yang masuk catatan sejarah. Ini adalah sesuatu yang unik, dan jika berhasil, tentu aka nada imbas besar ke klub lain,” katanya melanjutkan.

Sepak bola memang termasuk olahraga besar di Korea Utara. Negara yang didirikan oleh Kim Il-sung tersebut pernah dua kali mencicipi atmosfer bergengsi Piala Dunia yakni pada edisi 1966 dan 2010.

Comments
Loading...