Super League, Ancaman Nyata Bagi Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Pamor Liga Champions sebagai kompetisi antarklub paling elit di Eropa terancam turun beberapa tahun mendatang. Pasalnya, kompetisi tandingan yang bertajuk Super League sedang dalam proses pembahasan untuk digulirkan.

Football Leaks melaporkan jika selama ini pembicaraan mengenai Super League masih terus berlangsung dan bahkan mendapat  dukungan UEFA. Hanya, koordinasi dilakukan secara rahasia dan tersembunyi. Konsep ini diyakini lebih menarik ketimbang Liga Champions sekarang.

Nantinya, kompetisi ini akan diikuti klub-klub unggulan dengan tradisi panjang. Penentuan kontestan tak lagi ditentukan lewat peringkat pada masing-masing liga. Jika perencanaan berjalan lancar, maka turnamen ini akan mulai bergulir pada 2021 mendatang.

Khusus untuk 11 tim “pendiri”, ada jaminan boleh mengikuti kompetisi selama 20 tahun tanpa khawatir terlempar. Artinya, tim seperti Chelsea dan Milan tidak perlu khawatir dilarang ambil bagian meskipun gagal finis di empat besar liga masing-masing.

Sejatinya, konsep ini pernah mencuat ke permukaan beberapa waktu lalu. Bahkan, sempat diklaim akan bergulir pada Januari 2016. Ketika itu, diberitakan ada 11 tim yang menjadi kontestan di antaranya ada Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich, dan Juventus.

Liverpool - Salah - Crvena Zvezda - Football5star
uefa.com

Manchester United, Chelsea, Arsenal, Paris Saint-Germain, Manchester City, Liverpool dan Milan juga masuk ke dalam daftar. Namun, berita ini akhirnya hilang dengan sendirinya. Bahkan, Liga Champions masih sanggup menyelesaikan dua edisi terkininya.

Lebih lanjut Football Leaks mengatakan jika beberapa hari lalu, pihak UEFA telah menyebar email kepada 11 klub yang berisi manual Super League. Dokumen setebal 13 halaman tersebut nantinya akan dikaji oleh tim-tim yang untuk saat ini belum diketahui identitasnya.

Comments
Loading...