Suporter Dortmund Dilarang Away Day Selama Tiga Tahun ke Hoffenheim

Football5star.com, Indonesia – Suporter Dortmund mendapat larangan selama tiga tahun untuk melakukan tur away day ke markas Hoffenheim, Rhein-Neckar-Arena. Keputusan ini diambil otoritas Bundesliga untuk mencegah terjadinya bentrok antar kedua suporter.

Dikutip Football5star.com dari ESPN, Kamis (20/2/2020) pihak Dortmund kabarnya tidak akan melakukan naik banding terhadap keputusan tersebut. Pasalnya dalam rentang waktu dua tahun ke belakang, kedua suporter selalu terlimbat insiden.

Erling Haaland PSG Borussia Dortmund @psg
@psg

Pada November 2018 lalu, Dortmund mendapat denda 50 ribu euro dan larangan tiga pertandingan tandang ke Hoffenheim karena ulah suporternya. Keputusan tersebut diambil karena suporter Dortmund membentangkan spanduk ancaman yang ditujukan kepada Dietmar Hopp, pemilik Hoffenheim.

“Kami mendesak otoritas Bundesliga untuk memberikan sanksi berat kepada Dortmund karena ulah suporternya itu. Spanduk yang mereka bentangkan berisi hasutan untuk berbuat kriminal,”

Awal mula ketidaksukaan suporter Dortmund kepada Hoffenheim dan Hopp terjadi pada 2008 lalu. Saat itu, Hopp yang merupakan milioner perusahaan software itu mengambil alih Hoffenheim.

Suporter Dortmund menganggap bahwa langkah tersebut bisa merusak budaya Bundesliga utamanya soal aturan 50+1, aturan yang mengharuskan saham klub Bundesliga 50 persen harus dikuasai basis suporter.