RESMI: Sven-Goran Eriksson Latih Timnas Filipina

Football5star.com, Indonesia – Kabar mengejutkan datang dari Filipina. The Azkals menjadikan pelatih kawakan, Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih Timnas Filipina. Eriksson mendapatkan kontrak selama enam bulan.

Eriksson bukanlah nama baru di dunia sepak bola. Pelatih asal Swedia ini telah malang melintang di dunia sepak bola. Ia sempat menjadi pelatih AS Roma di musim 1984/1985 hingga musim 1986/1987. The Three Lions juga sempat menikmati sentuhan magis pelatih berusia 70 tahun itu di tahun 2001 hingga 2006.

Sebelum Eriksson masuk menjadi pelatih Timnas Filipina, posisi pelatih diisi oleh Scott Cooper. Cooper menjadi juru latih Filipina setelah menggantikan mantan kapten Timnas Inggris, Terry Butcher. Butcher menjadi juru latih Timnas Filipina selama 50 hari sebelum mengundurkan diri pada akhir Agustus lalu.

Masuknya Eriksson tak serta merta membuat posisi Cooper tersisih. Ia didapuk sebagai asisten manajer mantan pelatih Manchester City. Enam bulan kontrak yang diberikan untuk Eriksson artinya ia akan memimpin pasukan The Azkals di AFF Suzuki Cup yang akan digelar November mendatang.

Eriksson memang tak asing dengan sepak bola Asia. Sejak September 2012, ia telah ada di Asia Tenggara. Saat itu, ia menjadi Direktur Sepak bola klub Thailand, BEC Tero Sasana hingga Desember 2012. Selepas dari Thailand, ia menyeberang ke Timur Tengah menjadi Direktur Sepak Bola Al-Nasr dari Januari hingga Juni 2013.

Dari Juni 2013, ia lebih banyak menghabiskan waktu di Cina. Eriksson latih tiga klub Cina dalam kurun waktu empat tahun. Ketiga klub tersebut adalah Guangzhou R&F, Shanghai SIPG, dan yang terakhir adalah Shenzhen FC.

Berbekal pengalamannya di Eropa dengan melatih banyak klub mapan Eropa dan enam tahun menghabiskan waktu di Asia, Filipina menjadi tim yang berbahaya. Apalagi, Timnas Indonesia berada di dalam satu grup dengan Filipina di Piala AFF 2018, Grup B bersama Thailand, SIngapura, dan Timor Leste. Keputusan Eriksson latih The Azkals adalah alarm buruk bagi Timnas Garuda

Comments
Loading...