Swedia Berhasil Kandaskan Mimpi Besar Kanada

Football5star.com, Indonesia – Swedia berhasil memastikan satu tempat di babak perempat final Piala Dunia Wanita setelah mampu mengandaskan mimpi Kanada di Parc des Princes pada Senin (24/6). Kemenangan ini diraih berkat gol tunggal Stina Blackstenius di menit ke-55.

Tampil sebagai tim unggulan, Swedia kesulitan untuk menunjukkan penampilan terbaiknya di paruh pertama pertandingan. Mereka gagal menembus rapatnya lini belakang Kanada dan gagal mencetak satu pun shot on target.

Hal senada juga menjadi masalah Kanada. Meskipun kerap kali menguasai bola, mereka tak mampu melakukan penetrasi untuk menusuk lini pertahanan Swedia. Paruh pertama pun berakhir dengan skor 0-0 setelah kedua tim gagal mencetak satu pun shot on target.

Swedia vs Kanada - Piala Dunia Wanita - BBC
BBC

Di babak kedua pertandingan, Swedia yang tampil sebagai tim unggulan langsung mengambil inisiatif serangan. Usaha dari pasukan Peter Gerhardsson pun akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-55 setelah Stina Blackstenius mampu mencetak gol lewat skema serangan balik cepat.

Tertinggal, giliran Kanada yang mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-63, mereka mendapatkan hadiah penalti setelah Kosovare Asllani melakukan handsball di dalam area terlarang. Namun, Janine Beckie yang maju sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya setelah tembakannya berhasil diselamatkan oleh Hedvig Lindalh.

Meskipun terus tertekan, Swedia juga masih memiliki Blagult juga memiliki peluang. Pada menit ke-80, sundulan Kosovare Asllani dari jarak dekat berhasil dimentahkan oleh Stephani Labbe.

Semenit berselang, wasit menunjuk titik putih setelah Fridolina Rolfo dijatuhkan oleh Ashley Lawrence di dalam kotak penalti. Namun, wasit memutuskan untuk menganulir keputusan tersebut karena ada salah seorang pemain Swedia yang terjebak off-side sebelum Rolfo dilanggar.

Di sisa waktu pertandingan, Kanada kembali mengurung pertahanan Swedia. Namun, penyelesaian akhir yang kurang optimal membuat mereka gagal mencetak gol penyama kedudukan. Gol tunggal Stina Blackstenius pun menjadi satu-satunya pembeda di partai Piala Dunia Wanita kali ini.

SUSUNAN PEMAIN SWEDIA VS KANADA:

Swedia: 1-Hedvig Lindahl; 4-Hanna Glas, 5-Nilla Fischer, 3-Linda Sembrandt, 6-Magdalena Eriksson; 23-Elin Rubensson (15-Nathalie Bjorn 79′), 9-Kosovare Asllani, 17-Caroline Seger; 10-Sofia Jakobsson, 11-Stina Blackstenius (19-Anna Anvegard 90′), 18-Fridolina Rolfo (8-Lina Hurtig 89′)

Pelatih: Peter Gerhardsson

Kanada: 1-Stephanie Labbe; 10-Ashley Lawrence, 3-Kadeisha Buchanan, 4-Shelina Zadorsky, 2-Allysha Chapman (8-Jayde Riviere 84′); 15-Nichelle Prince (19-Adriana Leon 64′), 11-Desiree Scott, 13-Sophie Schmidt, 16-Janine Beckie (5-Rebecca Quinn 84′); 12-Jessie Fleming, 12-Christine Sinclair

Pelatih: Kenneth Heiner-Moller

Kartu Kuning: Rolfo 45′ Asllani 68′ – Buchanan 86′

Comments
Loading...