Sylvano Comvalius Dekati Rekor Pencetak Gol Terbanyak Liga Indonesia

Football5star.com, Indonesia – Ketajaman penyerang Bali United, Sylvano Comvalius, semakin tidak terbendung di Liga 1. Hingga menyisakan enam pertandingan, pemain Belanda tersebut sudah mengemas 30 gol. Ia butuh mencetak empat gol lagi untuk menyamai rekor Peri Sandria, yang mencetak 34 gol dalam satu musim. Torehan tersebut terjadi pada musim 1994-95 ketika Peri membela Bandung Raya.

Selama kurang lebih 23 tahun, belum ada yang berhasil menyamai atau bahkan menyalip catatan tersebut di kasta tertinggi. Dari era Widodo C. Putro, Bambang Pamungkas, hingga Boaz Solossa, tidak satu pun yang berhasil melakukannya. Pemain yang paling mendekati prestasi Peri adalah Oscar Aravena dan Christian Gonzales dengan masing-masing mengoleksi 31 dan 32 gol.

Sebenarnya, ada Fortune Udo yang mengantongi 34 di musim 2010-11. Namun, jumlah tersebut tidak dilakukan di kompetisi tertinggi melainkan hanya di kasta kedua. Udo melakukannya saat membela Persiba Bantul di Divisi Utama yang saat ini sekelas Liga 2.

Jika melihat tingkat konversi gol Comvalius musim ini, rasanya tidak sulit ia bisa menyamai rekor yang hingga saat ini belum terpecahkan tersebut. Akurasi tembakannya yang mencapai 60 persen bisa menjadi faktor penunjang ia bisa mensejajarkan diri dengan Peri. Apalagi dirinya pernah mengemas lima gol dalam satu pertandingan musim ini saat Bali United menggilas Mitra Kukar 6-1 di Gianyar, Agustus lalu.

Akhir pekan nanti, Comvalius dkk akan menghadapi tim penghuni zona degradasi, Persiba Balikpapan, di Stadion Batakan. Sepekan berselang, mereka akan menjamu PS TNI di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, sebelum akan kembali melakoni laga tandang melawan Barito Putera.

Di atas kertas, tim asuhan Widodo C. Putro lebih diunggulkan atas ketiga lawannya tersebut. Pasalnya, pada putaran pertama, mereka berhasil membabat habis ketiganya.

 

Comments
Loading...