Tabarez: Portugal Bukan Hanya Ronaldo Seorang

Football5Star.com, Indonesia – Gelaran Piala Dunia 2108 sudah memasuki babak 16 besar. Dua tim yang bakal bersua di fase gugur ini adalah Uruguay dan Portugal pada Minggu (1/7/2018) pukul 01:00 dini hari WIB di Fisht Stadium.

Uruguay sendiri berstatus sebagai jawara Grup A, sementara Portugal menyandang predikat runner-up Grup B. Pertemuan keduanya pun bakal menjadi pertarungan para pemain berkelas macam Luis Suarez dan Edinson Cavani dari Uruguay dan Cristiano Ronaldo di kubu Portugal.

Ronaldo menjadi pusat permainan Portugal selama fase penyisihan grup, pemain berusia 33 tahun itu kerap menjadi penyelamat timnya dan kini sudah mengoleksi empat gol. Tak pelak, kehadirannya bisa menjadi ancaman serius bagi lini pertahanan Uruguay.

Namun, menurut pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, timnya tak akan menaruh semua fokus mereka kepada penyerang Real Madrid itu seorang. Bagi sosok 71 tahun tersebut, Portugal punya kerjasama tim yang apik dan kekuatan mereka tak hanya tergantung pada permainan Ronaldo.

Kendati begitu, Tabarez pun tak mau meremehkan impak yang bisa diberikan Ronaldo ketika timnya berhadapan dengan Portugal. Untuk menghentikan pergerakannya atau setidaknya mempersulit Ronaldo, Tabarez meyakini butuh kolektivitas tim yang mumpuni dan ketenangan sepanjang laga.

“Ronaldo adalah salah satu penyerang terbaik di dunia. Ketika dia berada di puncak permainannya, dia adalah pemimpin tim itu. Satu pemain tidak akan bisa menahannya. Bahkan Diego Godin sendiran tak akan bisa,” kata Tabarez dilansir Mirror.

“Kita harus bermain secara kolektif. Kita akan menjaganya secara serius, tapi saya tidak akan terlalu terobsesi (untuk mematikannya). Kita tidak akan kehilangan fokus atasnya. Tapi, sembilan pemain lain Portugal di lapangan nanti adalah mereka yang menjadi juara Eropa,” tambahnya.

“Kami berbicara tentang kualitas kolektif mereka. Kami memiliki beberapa rencana mengenai lawan kami. Beberapa pemain saya mengenal mereka lebih baik daripada saya. Saya sudah mengatakan kepada mereka bahwa mereka harus tenang,” pungkas Tabarez.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Cristiano RonaldoOscar TabarezTimnas PortugalTimnas Uruguay