Seandainya Ada VAR, Gol Sulley Muntari ke Gawang Juventus 8 Tahun Lalu Sah

Football5Star.com, Indonesia – Mantan wasit Serie A, Paolo Tagliavento, mengakui bahwa jika ada VAR, dia bisa menghindari kesalahan yang dia perbuat selama dia menjadi wasit. Salah satunya adalah gol ‘hantu’ Sulley Muntari ke gawang Gianluigi Buffon 8 tahun lalu.

Pada insiden itu, AC Milan sedang memperebutkan gelar Scudetto melawan Juventus di musim 2011-12. Mereka saling bertemu pada Februari 2012. Dalam laga itu, pemain AC Milan, Muntari sebenarnya mencetak gol saat bola sudah melewati garis lapangan sebelum ditepis oleh Buffon. Tapi Tagliavento tidak mengesahkan gol tersebut.

“Gol Muntari adalah kesalahan saya yang paling fatal dan saat ini itu bisa diperbaiki hanya dengan 10 detik saja dengan teknologi. Pada saat itu, kita tidak memiliki wasit tambahan, atau teknologi garis gawang. Satu-satunya cara nyata untuk mengukur apakah bola telah melewati garis adalah asisten wasit,” ucap Tagliavento seperti dilansir Football5Star.com dari Il Messaggero.

Tagliavento melanjutkan, “Pada saat itu, hakim garis meyakinkan saya bahwa itu belum melewati garis. Dari posisi saya, saya tentu saja tidak akan mengesahkannya.”

Tagliavento sendiri mengakui dia adalah salah satu orang yang meragukan VAR, tapi dia sadar betapa pentingnya teknologi ini.

“Musim terakhir saya di Serie A adalah musim pertama VAR digunakan. Saya adalah salah satu orang yang skeptis karena saya telah melatih selama 30 tahun dan saya punya banyak keraguan tentang teknologi ini. Tetapi sampai setengah musim, saya sadar betapa besar potensi dari teknologi ini,”ujar Tagliavento.

Pada akhirnya, laga itu berakhir imbang 1-1. Dan AC Milan gagal mempertahankan gelar Serie A dengan finis di posisi kedua dengan selisih empat poin dengan Juventus.