KOLOM: Babi Tanah Bukan Jodoh Guardiola, Sarri, Emery, atau Solskjaer

Football5star.com, Indonesia – Memasuki tahun baru Cina 2570 atau Imlek 2019, empat manajer klub elite Premier League Inggris, Pep Guardiola, Unai Emery, Maurizio Sarri, dan Ole Gunnar Solskjaer, patut merasa cemas. Pasalnya, pada tahun ber-shio babi tanah ini, mereka diramal tak akan karib dengan keberuntungan.

Berdasarkan astrologi Cina, tahun babi tanah memang tak bersahabat dengan orang-orang dengan shio tertentu. Seorang ahli astrologi Cina, Budiyono Tantrayoga alias Suhu Tan, seperti dikutip Football5star.com dari CNN Indonesia, meramal ada tiga shio yang bernasib ciong alias sial, pada tahun ini.

Ketiga shio tersebut adalah babi, kelinci, dan kerbau. Menariknya, Guardiola, Emery, Sarri, dan Solskjaer, termasuk di antara shio-shio bernasib sial itu. Guardiola yang lahir pada 1967, Emery pada 1971, dan Sarri pada 1959, sama-sama memiliki shio babi. Sebagian orang mungkin berpikir, orang ber-shio babi seharusnya justru cocok dengan tahun babi tanah. Namun, kenyataannya tidak.

Suhu Tan menyebutkan, meski berada di tahun babi dengan elemen tanah, shio babi tetap tak terhindarkan dari kesialan. Pada tahun ini, shio babi dipengaruhi rasi bintang tai shu atau berarti usia nahas. Dalam astronomi barat dikenal juga dengan rasi bintang Jupiter.

“Kalau suatu shio kena tai shu, biasa diterjemahkan usia nahas artinya tidak bagus,” kata Suhu Tan dikutip Football5star.com dari CNNIndonesia.com.

AMBISI TERHALANG RAMALAN NASIB
Tahun Babi Tanah Bukan Milik Guardiola, Sarri, Emery, dan Solskjaer - @Cleansheet

Bagi Pep Guardiola, ramalan tersebut memang masih perlu pembuktian. Meski sejatinya indikasi sudah terlihat dengan empat kekalahan yang diderita Manchester City sejak Desember 2018. Dua di antaranya terjadi di kandang sendiri, Etihad Stadium. Padahal, sebelum itu Manchester City belum pernah tersentuh kekalahan sejak awal musim.

Pada musim ini, Manchester City memang terlihat sudah kehilangan superioritas. Meski peluang mempertahankan gelar juara Premier League masih terbuka, Sergio Aguero dan kawan-kawan sedikit kesulitan mengejar Liverpool.

Ramalan tersebut lebih terasa dampaknya bagi Sarri dan Emery. Tengok saja perjalanan Maurizio Sarri bersama Chelsea yang terseok-seok sejak awal 2019. Selama lima pertandingan yang dilalui sejak Januari, Chelsea sudah menelan dua kekalahan. Termasuk saat dicukur Bournemouth 0-4 di Stadion Vitality (31/1).

Setali tiga uang dengan Unai Emery bersama Arsenal, yang sudah ternoda dua kekalahan sejak awal tahun. Termasuk saat dikandaskan Manchester City 1-3 pada Minggu (3/2). Performa inkonsisten Chelsea dan Arsenal membuat keduanya mulai tercecer dari perburuan gelar juara Premier League musim ini.

UJIAN SOLSKJAER DI TAHUN BABI TANAH
Tahun Babi Tanah Bukan Milik Guardiola, Sarri, Emery, dan Solskjaer

Bagaimana dengan Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United? Memang, Solskjaer tidak termasuk dalam golongan manusia ber-shio babi. Namun, shio kerbau yang menaungi pria kelahiran 26 Februari 1973 itu pun diramal akan bernasib sial. Pada tahun babi tanah ini, shio kerbau dipengaruhi rasi bintang ganas tian gou atau anjing laut. Bintang tian gou meningkatkan risiko stres yang tinggi dalam berbagai aspek kehidupan.

“Shio Kerbau kalau kena bintang ini, cenderung sifat kepala batunya yang keluar bukan sifat luwesnya,” kata Suhu Tan. Lho, apakah benar Solskjaer berkepala batu? Padahal, sejak didaulat menggantikan Jose Mourinho, dia justru lebih terlihat kalem setiap memimpin anak asuhnya di pinggir lapangan.

Tentunya ramalan itu baru bisa kita buktikan sampai musim berakhir. Toh, tahun babi tanah baru terhitung sejak 5 Februari 2019. Indikasi kesialan pun baru terlihat saat Manchester United ditahan imbang Burnley di Old Trafford. Namun, di laga itulah tren kemenangan Red Devils di bawah kendali Solskjaer terhenti.

Memasuki tahun babi tanah, ujian bagi Solskjaer akan semakin berat. Pada Februari saja, Manchester United harus menjalani rentetan laga berat. Dimulai laga melawan Paris Saint-Germain di Liga Champions (13/2), serta tandang ke Chelsea (19/2), lalu lanjut menjamu Liverpool (24/2), di Premier League.

Jika mampu melewati tiga ujian itu dengan mulus, mungkin Solsjaer bisa mengikis ciong terhadap shio kerbau. Namun, tetap saja penilaian apakah Solskjaer bernasib baik atau buruk baru bisa dilihat pada pengujung musim.

KOMBINASI KEBERUNTUNGAN KLOPP-SALAH
Tahun Babi Tanah Bukan Milik Guardiola, Sarri, Emery, dan Solskjaer - Jurgen.Klopp_.Mohamed.Salah_Liverpool-teamtalk

Membahas Guardiola, Sarri, Emery, dan Solskjaer, tentu tak bisa mengabaikan Juergen Klopp di Liverpool. Status sebagai penguasa puncak klasemen membuat gelar juara dipercaya lebih dekat dengan Liverpool. Klaim yang tak salah jika mengacu juga kepada ramalan shio pada tahun babi tanah.

Dikutip Football5star.com dari chinesenewyear.net, shio kambing yang menaungi Klopp, mendapatkan peruntungan yang jauh lebih sukses dibandingkan sebelumnya. Kabar baik lagi karena kreativitasnya menjadikan pemilik shio ini disukai banyak orang.

Klopp pun tak sendirian. Peran Mohamed Salah sebagai pemain andalan turut meningkatkan level keberuntungan Liverpool. Salah yang ber-shio macan diramal akan menuai hoki pada tahun ini. Shio macan dinaungi kebajikan dan keberuntungan sepanjang tahun babi tanah.

Kebajikan dan keberuntungan itu datang dari rasi bintang fu de yang mempengaruhi shio macan pada tahun ini. “Sesuai judulnya, dia (shio macan) sedang bagus. Peluang keberuntungan, kesempatan dan prospek proyek yang bagus sedang mengalir,” urai Suhu Tan.

Bermodal ramalan itu, Salah yang tengah memimpin daftar pencetak gol terbanyak Premier League, diyakini bisa semakin bersinar tahun ini. Meski keran golnya sempat tersendat saat Liverpool ditahan imbang 1-1 oleh Leicester City dan West Ham United, Salah bisa menyambut keberuntungan memasuki tahun babi tanah ini.

Alhasil, dengan kombinasi keberuntungan Klopp dan Salah, potensi Liverpool untuk merengkuh titel Premier League, sangat terbuka. Akan tetapi, tentunya keberuntungan bukan berarti tanpa rintangan. Chinesenewyear.net menyebutkan, jika gagal mengendalikan diri, orang ber-shio kambing bisa menghadapi banyak masalah.

TOTTENHAM DIDERA PENYAKIT
Tahun Babi Tanah Bukan Milik Guardiola, Sarri, Emery, dan Solskjaer

Harry Kane - Mauricio Pochettino - Tottenham Hotspur - London Evening Standard

Ramalan berdasarkan shio untuk manajer dari lima klub elite Inggris sudah dibahas. Tapi, tentu kurang lengkap jika tak menyertakan Tottenham Hotspur. Lalu, ada di posisi mana klub berjuluk The Lilywhite tersebut bersama Mauricio Pochettino yang ber-shio tikus? Keberuntungan atau kesialan?

Suhu Tan menjelaskan, peruntungan kurang baik akan menimpa shio tikus sepanjang tahun babi tanah ini. Shio tikus dipengaruhi oleh rasi bintang bing fu, yang dapat diartikan sebagai biang penyakit. “Biang penyakit, segala macam penyakit bersarang di situ,” kata Suhu Tan.

Ramalan yang bisa dibilang nyaris tepat. Memang, bukan Pochettino yang terserang penyakit. Justru skuatnya yang digerogoti masalah kesehatan. Tengok saja dua pemain andalan, Harry Kane dan Dele Alli, yang harus menepi hingga Maret.

Kane mengalami cedera ankle dan diprediksi baru bisa kembali pada 2 Maret. Sementara, Alli yang didera cedera hamstring, baru bisa bermain lagi sepekan setelah Kane. Tak cuma itu, Tottenham sepanjang musim memang harus menerima kenyataan sering tampil dengan skuat pincang.

Hugo Lloris, Erik Lamela, Eric Dier, dan beberapa pemain andalan lain, sempat bergantian naik ke meja perawatan akibat cedera. Kondisi itu yang membuat Spurs harus tercelat dari dua ajang, Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Meski begitu, bukan berarti asa Pochettino untuk membawa Tottenham berprestasi sudah tertutup. Toh, saat ini mereka masih bercokol di posisi ketiga klasemen Premier League dengan selisih hanya 5 poin dari Liverpool.

EMILIANO SALA DAN KARTU MATI
Emiliano Sala dan kartu mati - Nantes - Guernsey - BBC

Memang, peruntungan 12 shio cuma salah satu instrumen yang dipakai dalam ilmu peramalan Cina kuno. Ramalan ini cenderung lebih bersifat umum karena instrumen yang dipakai hanyalah melihat tahun kelahiran, tanpa bulan, tanggal, sampai jam.

Tingkat akurasinya pun hanya sebatas 25-30% karena jika diasumsikan penduduk dunia ini sebanyak 8 miliar yang dibagi menjadi 12 shio, probabilitas perjalanan hidup antara satu dengan yang lain banyak kemiripan. Namun, bukan berarti ramalan tersebut bisa diabaikan begitu saja.

Kita bisa coba mengambil satu nama yang tengah menjadi sorotan publik dan mengaitkannya dengan ramalan. Sebut saja penyerang asal Argentina, Emiliano Sala, yang diyakini tak selamat dalam kecelakaan pesawat saat terbang dari Nantes, Prancis, menuju Cardiff, Wales, pada 21 Januari lalu.

Selama beberapa pekan terakhir, kecelakaan pesawat yang ditumpangi Sala, terus menjadi pemberitaan, khususnya di Inggris. Apakah musibah yang menimpa pemain anyar Cardiff City itu punya keterkaitan dengan ramalan shio berdasarkan astrologi Cina kuno? Bisa iya, bisa tidak.

Emiliano Sala, yang lahir di Santa Fe, Argentina, pada 31 Oktober 1990, memiliki shio kuda. Menariknya, Suhu Tan menjelaskan bahwa pada tahun babi tanah ini shio kuda dipengaruhi oleh rasi bintang si fu. Apa hubungannya dengan tragedi Sala? Ternyata, rasi bintang ini memiiki makna kartu mati.

“Artinya, ibarat orang main kartu sudah tidak bisa diapa-apakan lagi,” kata Suhu Tan. Emiliano Sala dan kartu mati, artinya? Selamat¬†jalan, Sala!

Comments
Loading...