Taipan China Ambil Alih Southampton

Football5Star.com, Indonesia – Ekspansi pengusaha China ke sepak bola Eropa kian menggeliat. Terbaru, 80 persen saham Southampton sudah beralih ke taipan asal Negeri Tirai Bambu.

Senin (15/8/2017), Southampton menjalin kerja sama dengan pengusaha asal China, Jisheng Gao dan keluarganya. Demikian pengumuman pemilik klub berjulukan The Saints itu, Katharina Liebher. ‘

“Hari ini, kami memulai era baru di klub,” kata Liebher yang menyisakan 20 persen saham miliknya di Southampton, seperti dilansir dari BBC.

“Jisheng Gao dan putrinya, Nelly Gao, telah menjalin hubungan baik dengan saya dan berbagi nilai dan ambisi klub,” tuturnya lagi.

Liebher tak membeberkan secara mendetail berapa nilai transaksi penjualan 80 persen saham miliknya ke Gao.

Namun, sejumlah media Inggris menyebut nilanya mencapai 210 juta poundsterling (Rp 3,62 triliun).

“Secara sebuah tim, kami akan membangun fondasi kuat untuk kesuksesan jangka panjang,” tutur Liebher yang berada di tampuk pimpinan Soton sejak 2010.

Gao sendiri mengaku senang akan kerja samanya dengan klub Premier League. Pendiri Lander Holdings Group Co itu pun siap menjawab tantangan suporter.

“Kami punya antusiasme dan motivasi untuk membangun Southampton yang telah menunjukkan progres dalam beberapa tahun terakhir. Kami tak sabar untuk era baru di klub,” tuturnya.

Soton menjadi klub Inggris terbaru yang dimiliki oleh taipan asal China.

Berikut adalah beberapa klub Inggris yang dimiliki taipan asal China:

1. Aston Villa
2. Birmingham City
3. Wolverhampton Wanderers
4. Reading
5. West Bromwich Albion
6. Southampton

Comments
Loading...