Gara-Gara Clattenburg, Tak Ada Wasit Inggris di Piala Dunia 2018

Football5Star.com, Indonesia – Sepak bola Inggris mendapat sebuah pukulan. Di Piala Dunia 2018 nanti dipastikan tak ada satu pun wasit dari negeri yang disebut-sebut sebagai asal sepak bola tersebut. Ini untuk kali pertama dalam 80 tahun terakhir tak ada wasit Inggris di Piala Dunia. Itu tak terlepas dari putusan yang diambil Mark Clattenburg.

FIFA pada Kamis (29/3/2018) mengumumkan 36 orang wasit yang akan memimpin laga-laga di Rusia 2018. Di daftar itu terdapat nama-nama yang sudah tak asing di telinga. Di antaranya Mark Geiger, Ravshan Irmatov, Cuneyt Cakir, Bjoern Kuipers, dan Gianluca Rocchi. Namun, tak satu pun wasit Inggris di sana. Begitu pun dengan wasit dari negara-negara Britania Raya lainnya

Howard Webb, wasit Inggris terakhir di Piala Dunia.
zimbio.com

Hal itu tak terlepas dari putusan Clattenburg yang berkiprah di Arab Saudi sejak Februari 2017. Sejak 2016, dia sebenarnya tercantum dalam daftar wasit FIFA sebagai wakil Inggris. Namun, putusan berkiprah di Arab Saudi membuat dia dicoret dari kandidat wasit Piala Dunia 2018. Football Association (FA) sempat mengajukan penggantian wakil, tapi ditolak FIFA.

Di dua edisi Piala Dunia sebelumnya, Inggris diwakili oleh Howard Webb. Dia bahkan memimpin laga final Piala Dunia 2010 yang mempertemukan timnas Spanyol dengan Belanda.

Kali terakhir Piala Dunia berlangsung tanpa wasit Britania Raya adalah pada 1938. Pada 1950 di Brasil, dari delapan wasit yang bertugas, sebanyak lima di antaranya berasal dari Britania Raya. Mereka adalah George Reader, Reg Leafe, Arthur Ellis (Inggris), George Mitchell (Skotlandia), dan Sandy Griffiths (Wales).


FOOTBALL LIVE STAR

Saksikan ulasan berita-berita seputar sepak bola dalam program “FOOTBALL LIVE STAR” yang tayang setiap Selasa dan Jumat pukul 19.00 WIB. Program ini dapat disaksikan di page resmi Facebook Football5Star, https://www.facebook.com/football5star. Don’t Miss It!

Comments are closed.