Tak Apik di Liga 1 2019, Bhayangkara FC Salahkan Piala Presiden

Football5Star.com, Indonesia – Bhayangkara FC tak tampil apik pada Liga 1 2019. Anderson Salles cs. bahkan harus mengalami pergantian pelatih pada pertengahan musim. Menurut Direktur Teknik Yeyen Tumena, hal itu tak terlepas dari masa persiapan yang terganggu turnamen Piala Presiden.

Yeyen Tumena menilai turnamen bergengsi pada masa pramusim tidaklah positif bagi klub-klub Liga 1. Bukan hanya Bhayangkara FC, klub-klub lain pun merasakan hal serupa. Secara implisit, eks bek timnas Indonesia berharap penyelenggaraan turnamen pramusim ditinjau ulang pada 2020.

“Begini, kita saat memulai kompetisi itu ada namanya preseason. Preseason itu sering terganggu oleh turnamen pramusim, Piala Presiden, Piala Sudirman, dan lain-lain, sehingga performa di putaran pertama itu di awal-awal tidak sesuai yang kita harapkan,” kata Yeyen Tumena seperti dikutip Football5Star.com dari Antara.

Bhayangkara FC baru bangkit para putaran kedua saat menjalani Liga 1 2019.
liga-indonesia.id

Menurut Yeyen Tumena, turnamen pramusim bak buah simalakama. Pasalnya, ada hadiah besar dan gengsi tinggi di sana. Tak ayal, klub-klub, termasuk Bhayangkara FC, tak dapat mengesampingkan begitu saja. Mereka jadi mati-matian di ajang tersebut. Padahal, itu bukan sesuatu yang ideal pada masa persiapan.

Pria berumur 43 tahun itu mengingatkan, masa persiapan adalah ajang untuk mencari dan mematangkan strategi. Ini juga jadi ajang adaptasi bagi para pemain baru. Namun, keberadaan turnamen pramusim mengacaukan hal itu. Alhasil, Bhayangkara FC pun memasuki kompetisi Liga 1 tanpa kondisi ideal.

“Kita harus merawat pemain, kemudian meningkatkan daya tahan dia secara general, baru masuk ke spesifik. Itu kan runtutan preseason. Seperti itu,” kata Yeyen lagi.

Bhayangkara FC, ungkap Yeyen Tumena, hancur lebur pada putaran pertama karena dampak turnamen Piala Presiden. Mereka terkuras karena berhadapan dengan lawan-lawan kuat. Faktanya, mereka memang antara lain harus melawan Bali United dan Arema FC pada Piala Presiden 2019.