Tak Dinyana, Dejan Kulusevski Ternyata Pernah Bela Makedonia Utara

Football5Star.com, Indonesia – Dejan Kulusevski, bintang muda Juventus, saat ini dikenal sebagai salah satu andalan baru timnas Swedia. Namun, siapa sangka, dia pernah membela Makedonia Utara yang timnas U-19-nya dihajar 1-4 oleh timnas U-19 Indonesia, Minggu (11/10/2020).

Kulusevski memang lahir dan menimba ilmu sepak bola sejak awal di Swedia. Namun, dia punya darah Makedonia Utara yang kental. Itu karena faktor keluarganya. Ayah dan ibu pemain yang musim lalu bermain untuk Parma tersebut memang punya pertalian dengan negeri pecahan Yugoslavia tersebut.

Stefan, ayah Kulusevski, lahir di Swedia. Namun, dia punya ayah dan ibu dari Makedonia Utara. Sementara itu, ibunya, Katica, asli dari negeri itu yang lantas diboyong ke Swedia.

“Faktanya, kami berasal dari Makedonia. Sepertiku, ayahku, Stefan, lahir di Swedia. Namun, pada sebuah piknik ke Ohrid, kota indah di Makedonia, dia bertemu Katica, ibuku, yang saat itu berumur 20 tahun dan lantas mambawanya ke Stockholm,” kata Dejan Kulusevski mengisahkan asal-usulnya seperti dikutip Football5Star.com dari La Repubblica.

Asal-usul Kulusevski tak luput dari perhatian Asosiasi Sepak Bola Makedonia (FFM). Begitu sang pemain mulai mengorbit, mereka coba melakukan pendekatan. Upaya mereka berhasil. Pada 2016, sayap kanan eksplosif itu mau bergabung dengan timnas U-16 Makedonia Utara.

Kulusevski Pilih Swedia sebagai Masa Depannya

Dejan Kulusevski menjalani laga pertama sebagai starter saat melawan Portugal.
footmercato.net

Kulusevski tampil sangat baik bersama Makedonia Utara. Dalam 5 pertandingan, dia mampu membuat 6 gol. Namun, sang pemain kemudian memutuskan kembali membela Swedia seperti saat umur 15 tahun. Kepada pelatih timnas Makedonia Utara, Igor Angelovski, dia menegaskan pilihannya tersebut.

Secara bertahap, Dejan Kulusevski membela timnas junior Swedia. Dia tercatat hanya tak membela timnas U-17. Puncaknya, dia menjalani debut bersama timnas Swedia pada 18 November 2019. Oleh pelatih Janne Andersson, dia dipercaya menggantikan Ken Sema pada menit ke-65 laga melawan Kep. Faeroe yang berkesudahan 3-0.

Sementara itu, laga pertama Kulusevski sebagai starter adalah saat melawan Portugal pada 8 September lalu. Dia tampil penuh selama 90 menit pada laga yang berakhir kekalahan 0-2 pada ajang UEFA Nations League tersebut.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More