Tak Hanya Ed Woodward, Sosok Ini Pun Harus Keluar dari Old Trafford

Football5star.com, Indonesia – Kekalahan Manchester United 0-2 dari Burnley di Stadion Old Trafford pada Kamis, (23/1/2020) membuat suporter Red Devils begitu berang. Dua nama yang kemudian dianggap biang keladi keterpurukan United yakni Ole Gunnar Solskjaer dan Ed Woodward.

Namun sebenarnya ada satu petinggi lagi di jajaran manajemen United yang harusnya masuk bidikan kemarahan para suporter yakni tangan kanan dari Ed Woodward, Matt Judge. Siapa Matt Judge?

Dikutip Football5star.com dari Manchester Evening News, Judge adalah orang yang berperan penting di kebijakan transfer United setelah Ed Woodward. Laporan dari sejumlah media Inggris menyebut bahwa Judge sebenarnya yang memutuskan pemain yang keluar dan masuk di Old Trafford, bukan Woodward.

Ed Woodward, Manchester United, Fans
zimbio.com

Pada 2016, saat Woodward menjadi wakil eksekutif di United, ia disebut-sebut telah mendelegasikan tugas negoisasi transfer pemain dan perpanjangan kontrak kepada pria yang merupakan mantan bankir tersebut.

Berbeda dengan Woodward, Judge bukan termasuk lingkaran keluarga Glazer di United. Ia membangun kariernya di tim berjuluk Red Devils tersebut dari posisi rendah. Judge bergabung ke United pada 2012.

Memiliki gelar master di bidang ekonomi dan keuangan dari Universitas Bristol, Judge di awal kariernya bertugas untuk mengelola struktur modal dan hutang United. Saat itu ia masih staff biasa dan menjadi bawahan dari Woodward.

Woodward dan Judge sendiri diketahui sama-sama lulusan dari Universitas Bristol. Sepak terjang Judge untuk urusan menekan defisit keuangan United terbilang cukup bagus. Fokusnya ialah jangan sampai United merugi tapi wajib untung besar.

Visi kerja dari Judge ini sangat disukai oleh Woodward. Ia pun mendapat kepercayaan penuh dan kemudian diangkat menjadi kepala pengambangan sepak bola United bersama John Murtough. Judge juga memiliki tanggung jawab untuk mengontrolm 52 para pencari bakat United di seluruh dunia.

Mantan pelatih United, Jose Mourinho sempat menyingung sosok Judge soal kebijakan transfer. Ia mengatakan bahwa Judge ialah sang pemilik lampu hijau untuk pemain yang ingin masuk dan keluar dari Old Trafford.

“Si pemilik lampu hijau bersama tuan Woodward. Semua orang memberikan kepercayaan kepadanya. Saya pikir mereka berdua cukup berhasil,” kata Mourinho.

Namun jika melihat perkembangan United saat ini, kinerja Judge pun menjadi pernyataan banyak pihak. Tak ada pemain bintang yang direkrut United di beberapa musim terakhir, serta ketiadaan bakat muda di promosikan para pemandu bakat membuat Judge juga layak untuk keluar dari United bersama dengan Woodward.

Comments are closed.