Tammy Abraham: Larangan Sundul Bola akan Rusak Sepak Bola

Football5Star.com, Indonesia – Tammy Abraham, striker Chelsea, tak setuju terhadap terhadap usulan pelarangan menyundul bola. Dia menilai pelarangan hal tersebut justru akan merusak sepak bola itu sendiri. Bagi sang striker muda, menyundul bola adalah bagian dari sepak bola yang tak bisa dihilangkan begitu saja.

“Kupikir, jujur saja, itu akan merusak permainan. Menyundul adalah teknik. Itu adalah skill untuk mengetahui cara mengarahkan bola dengan kepala. Itu bagian dari sepak bola,” kata Tammy Abraham seperti dikutip Football5Star.com dari London Evening Standard.

Lebih lanjut, Abraham meneruskan kritiknya. “Kita semua mencintai sepak bola. Mengubah aturan-aturan dan cara kita bermain sama saja dengan merusak permainan itu,” ucap dia dengan tegas.

Getty Images

Mengenai banyak bukti soal hubungan aktivitas menyundul bola dengan demensia yang dialami sebagian pada eks pesepak bola, Abraham tak merasa cemas. Dia mengaku akan tetap menyundul bola saat bermain di lapangan.

“Itu adalah insting. Ketika berada di kotak penalti, bagaimanapun caranya bola datang, aku akan selalu coba menjangkaunya dengan bagian badan mana pun. Aku tetap melatih dunsulan dan mengarahkannya ke posisi yang tepat,” urai Abraham lagi.

Abraham Menentang Frank Lampard

Tammy Abraham juga menjelaskan, saat di lapangan, para pesepak bola tak akan pernah memikirkan risiko demensia karena menyundul bola. Ada hal yang lebih mereka pikirkan. Itu adalah mencetak gol dan membawa tim meraih kemenangan. Soal demensia, dia menyebut itu sebagai konsekuensi.

“Jika bola datang ke kepalamu, ya begitulah. Kami adalah para pemain profesional dan sudah terbiasa menyundul bola,” ujar dia. “Kami para profesional dan itu adalah tugas kami.”

indianexpress.com

Sikap Abraham tersebut bertentangan dengan sang manajer, Frank Lampard. Soal risiko demensia, manajer Chelsea itu jelas-jelas meminta ada upaya pencegahan. Dia ngeri juga melihat para eks koleganya yang didiagnosis mengidap demensia.

Berbeda dari Tammy Abraham, Lampard mengusulkan adanya langkah-langkah nyata untuk membatasi sundulan di sepak bola. Dia antara lain menyuarakan reformasi pada pelatihan sepak bola usia dini dengan melarang sundulan. Bahkan, dia mempertimbangkan pembatasan latihan menyundul pada sesi latihan tim utama Chelsea.

ChelseaFrank LampardLiga InggrisPremier LeagueTammy Abraham