Tanpa Sergio Ramos dan Dani Carvajal, Real Madrid Tetap Hebat?

Football5Star.com, Indonesia – Ujian berat akan dijalani Real Madrid saat menjamu Deportivo Alaves, Sabtu (11/7/2020) dini hari WIB. Los Blancos tak akan diperkuat dua andalan di lini belakang, Sergio Ramos dan Dani Carvajal. Keduanya harus menjalani skors karena akumulasi kartu kuning.

Memang benar, Madrid hanya akan menjamu Alaves yang berada di papan bawah. Namun, Los Blancos tak meraup kemenangan meyakinkan akhir-akhir ini. Dalam dua laga LaLiga terakhir, tim asuhan Zinedine Zidane hanya menang berkat gol tunggal dari eksekusi penalti Sergio Ramos.

Kehilangan Sergio Ramos tentu sangat besar bagi Madrid. Selain kerap menjadi pahlawan kemenangan, bek tengah timnas Spanyol itu juga pemimpin tim. Di lapangan, dialah sosok yang tak henti memberikan komando kepada para pemain lain.

Sergio Ramos selalu mencetak gol kemenangan dalam dua laga terakhir RealMadrid.
le10sport.com

Carvajal pun bukan sosok sembarangan. Saat Madrid menang 1-0 di kandang Espanyol pada pekan ke-32, gol penalti Ramos didapatkan setelah dia dijatuhkan di kotak penalti. Sebelumnya, dia juga telah membuat 5 assist. Salah satunya saat El Clasico melawan Barcelona.

Lalu, apakah ketiadaan Ramos dan Carvajal akan membuat Madrid benar-benar melemah dan mungkin terpeleset saat menjamu Alaves? Catatan tiga musim terakhir ternyata tidak mendukung asumsi tersebut. Sonder dua pemain penting di lini belakang itu tak lantas membuat Los Blancos terpuruk.

Hasil Bagus di Kandang

Sejak 2017-18, Real Madrid telah 13 kali bertanding tanpa diperkuat Ramos dan Carvajal secara bersamaan. Hasilnya, mereka menuai 10 kemenangan, 2 hasil imbang, dan satu kekalahan. Satu-satunya kekalahan dialami pada babak 16-besar Copa del Rey 2018-19 di kandang Leganes. Kala itu, Ramos absen karena cedera, sementara Carvajal hanya duduk di bangku cadangan.

Satu hal yang jadi modal bagi Madrid adalah catatan di kandang sendiri. Dalam lima kesempatan tampil tanpa Ramos dan Carvajal di Santiago Bernabeu, Los Blancos memenangi empat di antaranya. Keempat kemenangan itu pun diraih pada empat kesempatan terakhir tampil tanpa kedua pilar itu di Bernabeu.

Terlepas dari hal itu, ketiadaan Sergio Ramos dan Dani Carvajal karena harus menjalani skors tetap membuat Zidane pusing. Pasalnya, Raphael Varane dan Nacho Fernandez belum dalam kondisi bugar setelah sempat mengalami cedera.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More