Teemu Pukki Akhiri Penantian Panjang Publik Finlandia

Football5star.com, Indonesia – Finlandia untuk pertama kalinya mencetak sejarah dengan lolos ke putaran final Euro 2020. Satu tiket ke Euro 2020 dipastikan Finlandia setelah mengalahkan Lichtenstein dengan skor 3-0, Sabtu (16/11/2019).

Dua gol Finlandia dicetak oleh Teemu Pukki dan Jasse Touminen. Bermain di depan publik sendiri Stadion Sonera, Finlandia langsung menggebrak sejak menit awal babak pertama. Hasilnya pada menit ke-21, Jasse Tuominen membuat tuan rumah unggul 1-0.

Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama. Memasuki babak kedua, Finlandia terus menekan lini belakang Lichtenstein. Namun baru pada menit ke-64, Finlandia unggul.

AP

Striker Norwich Temmu Pukki membuat publik Stadion Sonera bergemuruh. Golnya Pukki membuka peluang sangat besar untuk Finlandia lolos ke putaran final Euro 2020. Kepastian satu tiket di putaran final di dapat setelah pada menit ke-75, Pukki mencetak gol keduanya.

Skor 3-0 bertahan hingga akhir babak kedua. Seketika publik Finlandia merayakan catatan bersejarah timnas mereka.

Dikutip Football5star.com dari Daily Mail, suporter Finlandia langsung tumpah ruah memasuki lapangan saat peluit panjang ditiupkan. Bermain di putaran final Euro 2020 menjadi capaian terbaik negara yang sudah memiliki federasi sepak bola sejak 1907.

Sejak menjadi anggota FIFA pada 1908, Finlandia hanya 4 kali mengikuti turnamen internasional yakni perhelatan Olimpiade musim panas. Di event Piala Dunia dan Euro, Finlandia selalu absen.

Pada Euro 2008, di babak kualifikasi mereka hanya mampu berada di urutan keempat. Sedangkan pada Euro 2016, langkah Finlandia juga terhenti di babak kualifikasi dengan berada di urutan keempat.

Comments
Loading...