Tegas, Umuh Muchtar Minta PSSI Usut Wasit Madura United vs Persib

Football5Star.com, Indonesia – Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar meminta dengan tegas kepada PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia untuk menyelidiki lebih lanjut terkait wasit di laga Madura United melawan Persib, Sabtu lalu (5/10/2019).

Umuh meminta untuk PSSI memeriksa wasit Faulur Rosy asal Aceh yang memimpin laga tersebut. Selain Faulur Rosy, asisten wasit lainnya di laga tersebut juga dikatakannya harus ditindak, mereka adalah asisten 1 Muchlish asal Langsa, asisten 2 Ferry Dharmawan asal Jakarta Timur, dan juga wasit cadangan Ikhsan Prasetya Jati asal Bantul.

Keputusan yang paling disorot dari wasit adalah ketika memberikan pelanggaran penalti kepada Persib. Hal tersebut terjadi setelah pemain Madura United, Diego Assis mendapat kontak fisik dengan bek Persib, Achmad Jufriyanto. Pihak Maung Bandung merasa bahwa kontak tersebut tak layak untuk sampai dihukum penalti.

Hal lainnya adalah ketika wasit hanya memberikan tambahan waktu selama 2 menit di babak kedua. Padahal, ketika salah satu pemain, Omid Nazari mendapatkan perawatan dari cederanya saja sudah hampir memakan waktu 6 menit. Dua keputusan itu lah yang paling disorot oleh Maung Bandung.

Persib pun merespons dengan mengirimkan surat protes kepada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebagai operator kompetisi dan juga PSSI. Menurutnya, hal-hal seperti itu tidak boleh terus dibiarkan terjadi dalam sepak bola Indonesia.

“Kami sudah melayangkan surat protes kepada PSSI. Ya, harapannya harus ada respons serius dari PSSI, jangan dibiarkan terus-terusan kejadian seperti ini terjadi,” ujar Umuh seperti dikutip Football5Star.com dari Kompas.