Telah Bertemu 140 Kali, Begini Sebenarnya Head to Head Persib vs Persija

Football5Star.com, Indonesia – Duel panas antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta banyak selentingan data yang kurang lengkap jikalau ditilik dari apa yang selama ini beredar di media atau sosial media sekalipun.

Persib kontra Persija memang baru saja usai beberapa hari lalu. Laga tersebut tentunya menambah jumlah head to head diantara mereka sejak berdirinya klub.

Foobtall5Star.com mencoba mencari fakta data sejarah yang sebenarnya tentang head to head dari laga yang disebut sebagai El Clasico Indonesia tersebut. Dari data yang didapat, ditemukan fakta setidaknya kedua tim telah bertemu sebanyak 140 kali.

Melalui perbincangan dengan salah satu akun sejarah Persib dalam akun twitternya yang bernama History of Persib (@historyofpersib), akun tersebut ternyata mempunyai data yang hampir lengkap dari head to head kedua tim.

Telah Bertemu 140 Kali, Begini Sebenarnya Head to Head Persib vs Persija
Istimewa

Meskipun begitu, History of Persib berbicara kepada kami bahwa data 140 pertandingan tersebut belumlah lengkap. Hal itu lantaran banyaknya pertandingan tak resmi yang jarang tersentuh oleh pemberitaan.

History of Persib mengaku mendapatkan data pertandingan antara Persib kontra Persija melalui koran, buku-buku di perpustakaan dan dari sumber lainnya.

“Perkiraan mah kurang lebih total ada 150-160 pertemuan. Itu diambil dari asumsi jumlah pertandingan dari tahun 1933 sampai 2019. Rata-rata satu tahun dua kali bertemu. Dikurangi masa vakum sepak bola Indonesai dari tahun 1942 sampai 1948,” ujar akun History of Persib kepada Football5Star.com.

Berikut merupakan data head to head Persib vs Persija dalam 140 pertemuan terakhir, sejak tahun 1933 hingga 2019:

Partai Uji Coba

Jumlah pertemuan: 10 pertandingan

Persib menang: 4

Persija menang: 2

Imbang: 1

Tidak diketahui hasilnya: 3 pertandingan

Turnamen

Jumlah pertemuan: 51 pertandingan

Persib menang: 26

Persija menang: 12

Imbang: 9

Tidak diketahui hasilnya: 4 pertandingan

Kompetisi Resmi

Jumlah pertemuan: 79 pertandingan

Persib menang: 19

Persija menang: 27

Imbang: 29

Tidak diketahui hasilnya: 4 pertandingan

Dengan kalkulasi total, Persib Bandung lebih unggul dalam head to head yakni dengan 49 kemenangan, sementara Persija 41 kemenangan. Laga berakhir imbang 39 kali, sedangkan yang tidak diketahui hasil pertandingannya sebanyak 11 pertandingan.

Ket: Data update per tanggal 31 Oktober 2019

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More