Tentang Cahaya Dari Timur: Beta Maluku, Film Sepak Bola yang Diproduseri Glenn Fredly

Football5Star.com, Indonesia – Penyanyi Glenn Fredly baru saja dikonfirmasi meninggal dunia pada hari Rabu (8/4/2020). Glenn meninggal pada usia ke-44 tahun.

Glenn bukan hanya seorang penyanyi, dia juga seorang produser film yang sudah memproduseri tiga film. Salah satu karya film yang diproduserinya adalah Cahaya Dari Timur: Beta Maluku.

Sebuah film biopik yang inspiratif ini mengangkat kisah nyata tentang bagaimana sepak bola bisa menjadi obat untuk anak-anak dikala tempat tinggalnya sedang berada di tengah konflik. Film ini berlatar Kota Ambon dan Desa Tulehu Maluku Tengah pada saat konflik tahun 1999-2000 dan beberapa tahun setelah konflik.

Sinopsis dalam film ini adalah berpusat pada kisah seorang Sani Tawainella (diperankan Chicco Jerikho), seorang tukang ojek di Tulehu yang kesal melihat anak-anak ikut jadi korban konflik antar umat agama. Sani yang sebelumnya pernah mewakili Maluku sebagai atlet sepak bola junior bertekad menjauhkan anak-anak di kampungnya dari pusaran konflik dengan melatih mereka bermain sepak bola tiap sore.

Tetapi bukanlah hal yang mudah bagi Sani untuk melakukan hal itu. Karena dia harus mengorbankan istri dan keluarganya demi mengajari anak-anak itu mengejar mimpi lewat sepak bola.

Dalam film itu nantinya akan ada tim Maluku U-15 yang diperkuat oleh beberapa pemain yang saat ini sudah menjadi pemain timnas Indonesia. Seperti pemain Madura United, Alfin Tuasalamony, pemain PSM Makasar, Rizky Pellu, dan pemain Tira-Kabo, Hendra Bayauw.

Glenn Fredly sendiri selain sebagai produser, Glenn juga menjadi cameo dan menulis beberapa lagu untuk theme song film tersebut. Glenn juga menggandeng beberapa musisi asal Maluku untuk menggarap latar musik film tersebut.

Yang unik dari film ini adalah sebagian besar pameran film ini merupakan warga asli Maluku. Dan di dalam film, mereka berdialog dengan bahasa Maluku dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Memenangkan Banyak Penghargaan

Tentang Cahaya Dari Timur Beta Maluku
Antara

Film yang juga disutradai oleh Angga Dwimas Sasongko ini mendapatkan banyak sekali penghargaan. Penghargaan tertinggi yang film ini dapatkan adalah Piala Citra 2014 kategori Best Film. Selain itu film ini juga memenangi Piala Maya 2014 kategori Best Feature Film. Aktor yang memerankan Sani, Chicco Jerikho juga memenangkan kategori Best Leading Actor dalam dua ajang penghargaan tersebut.

Sedangkan Glenn Fredly sendiri berhasil memenangi Piala Maya 2014 dalem kategori Best Theme Song dengan lagu yang dia ciptakan untuk film itu berjudul “Tinggikan”.