Terancam Dipecat AS Roma, Paulo Fonseca Tenang-Tenang Saja

Football5Star.com, Indonesia – Paulo Fonseca, pelatih AS Roma, dirumorkan makin terancam kekalahan setelah kekalahan 2-4 dari Spezia dan tersingkir dari Coppa Italia. Itu juga jadi kekalahan kedua secara beruntun yang dialami I Giallorossi. Sebelumnya, mereka dihajar 0-3 oleh Lazio pada Derby della Capitale.

Kekalahan beruntun bukan hal wajar bagi Roma. Ini adalah kali pertama mereka merasakannya dalam kurun 11 tahun terakhir. Tak heran bila posisi Fonseca sebagai allenatore dikabarkan terancam. Pelatih asal Portugal itu pun menyadarinya. Namun, dia tenang-tenang saja.

“Sejak hari pertama tiba, nasib saya selalu diperbincangkan,” urai Paulo Fonseca selepas pertandingan seperti dikutip Football5Star.com dari Rai Sport. “Setiap kali kami gagal menang, posisi saya selalu dipertanyakan. Namun, saya hanya fokus pada pekerjaan saya.”

Getty Images

Lebih jauh, Fonseca tak merasa gagal. Roma memang tersisih dari pentas Coppa Italia dan kalah dalam Derby della Capitale. Namun, dia menilai posisi I Giallorossi masih sesuai harapan.

“Di Liga (Italia), kami masih berada di posisi yang kami inginkan,” ujar Fonseca. Dia pun masih menaruk keyakinan terhadap anak-anak asuhnya. “Saya sangat percaya kepada tim ini.”

Saat ini, Roma berada di posisi ke-4 classifica Serie A. Mereka mengoleksi 34 poin, sama dengan Napoli yang berada di posisi ke-3. Namun, I Giallorossi terancam oleh Juventus dan Atalanta yang belum memainkan laga giornata ke-18.

Tiga Calon Pengganti Fonseca

pianetamilan.it

Meskipun tenang-tenang saja, bukan berarti nasib Paulo Fonseca aman. Pemecatan bukan tak mungkin terjadi bila dia tak mampu mendongkrak performa timnya dan Roma kembali ke jalur kemenangan.

Bila Fonseca didepak, media-media Italia meyakini setidaknya ada 3 kandidat kuat penggantinya di AS Roma. Dua di antaranya adalah eks pelatih Juventus, yakni Massimiliano Allegri dan Maurizio Sarri. Mereka sangat difavoritkan untuk jadi penerus pelatih asal Portugal itu.

Lalu, siapa kandidat ketiga yang dijagokan menjadi pengganti Paulo Fonseca? Dia adalah “orang lama”, yaitu Luciano Spalletti. Pelatih berumur 61 tahun tersebut pernah menangani AS Roma pada 2005-09 dan 2016-17. Prestasinya antara lain dua kali membawa I Giallorossi juara Coppa Italia.

AS RomaCoppa ItaliaLiga ItaliaPaulo Fonsecaserie aSpezia