Terancam Liga Super Eropa, UEFA akan Ubah Format Liga Champions?

Football5Star.com, Indonesia – UEFA dikabarkan akan membuat format baru untuk Liga Champions ditengah adanya ancaman pembuatan Liga Super Eropa. Tentu saja hal ini ditujukan untuk membuat Liga Champions jauh lebih menarik dan lebih menguntungkan secara finansial.

UEFA dikabarkan menyiapkan proposal untuk merubah format Liga Champions pada 2024. Federasi tertinggi sepak bola Eropa itu menyebut bahwa format ini akan membuat pendapatan klub jauh lebih besar.

Hasil Drawing Liga Champions
@ChampionsLeague

Format baru ini akan meningkatkan jumlah klub yang ambil bagian dalam kompetisi dari 32 menjadi 36 tim. Nantinya masing-masing tim akan bermain setidaknya 10 kali dan itu akan menambah pendapatan klub. Formatnya pun berubah dari yang memakai sistem babak grup menjadi sistem satu liga.

Dari satu liga itu, 8 tim teratas akan lolos otomatis ke babak 16 besar, dan 16 tim di bawahnya akan masuk ke babak play off untuk memperebutkan 8 tempat yang tersisa. Dalam proposal itu juga disebut ada 3 slot untuk klub bisa lolos ke Liga Champions via koefisien UEFA. Jadi jika seandainya tim sekelas Real Madrid atau Barcelona gagal lolos lewat jalur peringkat liga, mereka tetap bisa lolos lewat jalur koefisien UEFA.

Tapi tentu saja wacana ini harus dipersiapkan matang-matang mengingat format ini akan membuat para klub menjadi lebih sering bermain dari biasanya dalam semusim. Sky Sports menyebut bahwa wacana ini bisa mengancam kompetisi seperti Piala Liga di Inggris.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More