Terancam Sanksi UEFA, Milan Terkejut

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia – Sebuah kabar tak sedap datang ke markas AC Milan. Klub yang bermarkas di Stadion San Siro itu terancam sanksi dari UEFA terkait pelanggaran Financial Fair Play (FFP). Ancaman itu pun kontan membuat CEO Milan Marco Fassone terkejut.

Badan Investigasi yang dibentuk Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) menemukan indikasi pelanggaran FFP oleh Milan. Hal itu diumumkan lewat pernyataan resmi pada Selasa (22/5/2018) waktu setempat. Secara khusus, hal yang dipermasalahkan adalah kewajiban mencapai break-even.

Han Li, Marco fassone, dan Massimiliano Mirabelli.
calcioefinanza.it

Hal utama yang dipermasalahkan Badan Investigasi CFCB adalah pendanaan takeover yang dilakukan Li Yonghong pada 2017 lalu. Pasalnya, diketahui adanya pinjaman dana sebesar 380 juta euro dari Elliott Management yang harus dilunasi pada Oktober mendatang.

“Setelah melakukan pemeriksaan seluruh dokumen dan penjelasan yang diberikan pihak klub, Badan Investigasi CFCB menyimpulkan bahwa situasi kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan kesepakatan. Secara khusus, Badan Investigasi CFCB berpendapat bahwa, masih ada ketidakpastian terkait pelunasan utang yang harus diselesaikan pada Oktober 2018,” urai pernyataan resmi UEFA seperti dikutip Football5Star.com dari Football Italia.

Berdasarkan temuan-temuan yang ada itu, Badan Investigasi CFCB akan melakukan penyelidikan lebih lanjut dan hasilnya akan dikomunikasikan pada Juni mendatang.

Menanggapi laporan Badan Investigasi CFCB itu, kubu Milan mengaku terkejut. Itu karena mereka selalu yakin tak melanggar FFP. “Seperti Anda bayangkan, ini membuat kami terkejut dan sangat pahit. Jujur saja, saya mengira UEFA akan menawarkan penyelesaian dengan kesepakatan,” kata¬†Fassone selaku CEO.

Fassone mengungkapkan, pihaknya akan segera memberikan respons atas pernyataan UEFA yang dinilai bisa merusak citra klub. “Kami akan menunjukkan bahwa Milan saat ini harus membayar kesalahan yang dilakukan pada 2014 hingga 2017 yang berada di bawah pemilik berbeda,” lanjut Fassone.

Andai terbukti melanggar FFP, Milan bisa dikeluarkan dari Liga Europa. Tempat I Rossoneri akan diambil alih Atalanta, sedangkan Fiorentina akan menjalani babak kualifikasi.

Comments
Loading...