Terkendala Biaya, Timnas Wanita Batal Ikuti Piala AFF U-15 2019

Football5star.com, Indonesia – Di tengah gegap gempita Hari Kartini, kabar buruk datang dari Timnas U-15 Wanita Indonesia. Dilansir dari laman resmi Federasi Sepak Bola Asia Tenggara, AFF, batalnya keikutsertaan Indonesia karena terkendala biaya.

Piala AFF U-15 Wanita sendiri akan digelar di Chonburi, Thailand pada 9-21 Mei 2019. Sejatinya, Timnas U-15 Wanita Indonesia berada di Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Filipina dan Timor Leste. Mundurnya Indonesia membuat Grup A hanya berisikan empat tim.

Sedangkan di Grup B berisikan Thailand, Laos, Malaysia, Singapura, dan Kamboja. Mundurnya Indonesia tentu akan mengubah sistem kelolosan tim menuju babak selanjutnya.

Pada Rabu (12/9) Timnas U-16 Putri Indonesia berangkat ke Kirgistan untuk mengikuti kualifikasi AFC Womens U-16 Championship 2018 - Football5star - PSSI
PSSI

Mundurnya sebuah tim dari gelaran yang diadakan oleh AFF bukanlah hal yang pertama terjadi. Pada Piala AFF U-22 2019 yang mana Indonesia menjadi juara, beberapa tim juga mundur. Salah satunya Singapura yang mundur karena ingin fokus mempersiapkan tim.

Alasan yang dikeluarkan timnas Singapura lebih masuk akal dibanding yang dikeluarkan oleh PSSI. PSSI memutuskan tak mengeluarkan tim untuk Piala AFF U-15 Wanita karena terkendala biaya.

Jika Timnas U-15 Wanita batal tampil, maka lain cerita untuk Timnas Wanita Indonesia senior. Mereka kini tengah bertanding di babak kedua Kualifikasi Pra Olimpiade Tokyo 2020. Pada pertandingan pertama, mereka takluk dari India dengan skor 2-0. Selanjutnya, Timnas Wanita akan melawan Myanmar pada Sabtu, 6 April 2019. Mereka wajib menang jika ingin menjaga asa lolos ke Olimpiade 2020.

Comments are closed.