Terkuak! Timnas Malaysia Ternyata Jeri Segrup dengan Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Hasil drawing Pra-Piala Dunia 2022 Zona Asia yang mempertemukan dengan timnas Indonesia ternyata membuat jeri timnas Malaysia. Hal itu terungkap lewat langkah awal yang dilakukan Presiden FAM Datuk Hamidin Mohd Amin begitu Malaysia dipastikan segrup dengan Indonesia.

Seperti diberitakan Kantor Berita Bernama, Datuk Hamidin mengaku langsung mengontak Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria. Dia meminta kepastian keamanan untuk para pemain dan ofisial timnas Malaysia saat bertandang ke Indonesia pada 5 September 2019. Hal itu didasarkan pada pengalaman tak mengenakkan akibat rivalitas yang sangat tajam.

Datuk Hamidin Mohd Amin langsung mengontak Sekjen PSSI begitu timnas Malaysia segrup dengan timnas Indonesia di Pra-Piala Dunia 2022 Zona Asia.
stadiumastro.com

Skuat timnas Malaysia memang pernah mendapatkan perlakuan tak mengenakkan pada final SEA Games 2011. Tim asuhan Ong Kim Swee kala itu harus diangkut ke hotel dengan kendaraan taktis barracuda karena diserang oleh para suporter timnas Indonesia. Pada pertandingan itu, Harimau Malaya Muda menang adu penalti 4-3 atas Garuda Muda setelah imbang 1-1 selama 120 menit.

Pengalaman itu rupanya terus menghantui timnas Malaysia setiap kali harus melawat ke Indonesia. Mereka menganggap datang ke kandang Garuda tak ubahnya menyambangi neraka. Tahun lalu, saat bersua pada semifinal Piala AFF U-16, FAM juga meminta jaminan keamanan kepada AFF dan PSSI ketika harus berlaga di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada semifinal.

Permintaan itu juga tak terlepas dari insiden yang melibatkan salah satu pemain timnas Malaysia, Amirul Ashfariq Hanifa. Saat bertolak ke Indonesia, dia mengunggah foto di Instagram dengan gambar bendera Indonesia yang terbalik. Hal itu dianggap penghinaan dan pelecehan oleh para suporter timnas Indonesia.

Demi Piala Asia 2023

Kini, timnas Malaysia kembali dihinggapi kecemasan. Apalagi, laga di kandang timnas Indonesia jadi laga pembuka mereka pada Pra-Piala Dunia 2022 Zona Asia. Langkah awal yang bagus sangat mereka perlukan karena pada pertandingan kedua, lima hari kemudian, anak-anak asuh Tan Cheng Hoe harus melawan tim terkuat di Grup G, timnas UEA.

Seperti diungkapkan Datuk Hamidin kepada Bernama, timnas Malaysia ditargetkan lolos ke babak berikutnya walaupun kemungkinan hanya sebagai salah satu dari empat runner-up terbaik. Target tersebut dicanangkan karena 12 tim yang lolos dari fase grup Pra-Piala Dunia 2022 Zona Asia dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

“Jika gagal, kami setelah ini harus ikut lagi drawing babak kualifikasi Piala Asia 2023. Ada kemungkinan kami menghuni grup yang lebih kuat karena mungkin saja kami bertemu tim-tim seperti Uzbekistan, Suriah, dan Oman,” urai Datuk Hamidin seperti dikutip Football5Star.com dari Bernama.

Comments
Loading...