Thailand Akhirnya Bebaskan Hakeem Al Araibi

Football5star.com, Indonesia – Kisah pilu pesepak bola berkebangsaan Bahrain, Hakeem Al Araibi, akhirnya berujung manis. Sempat dipenjara oleh kepolisian Thailand, ia akhirnya menghirup udara bebas pada Senin (11/2/2019).

Hakeem adalah pesepak bola asal Bahrain yang melarikan diri pada 2014 lalu setelah dituding terlibat aksi anti pemerintah pada 2011. Ia kemudian mencari suaka ke Australia dan memperoleh status warga negara di sana.

Akan tetapi pria berusia 25 tahun itu tertangkap di Thailand pada November lalu usai menjalani liburan bersama sang istri. Ia ditangkap Interpol atas permintaan pemerintah Bahrain.

Hakeem Al-Araibi
Getty Images

Setelah menjalani persidangan ia kemudian dijatuhi hukuman ekstradisi ke Bahrain. Hukuman ini pun memunculkan kontroversi. Hakeem mendapat dukungan dari dunia internasional dan meminta agar Thailand memulangkan sang pemain ke Australia.

Dukungan yang mengalir deras tersebut akhirnya membuahkan hasil. Polisi Thailand membebaskan mantan pemain Timnas Bahrain itu setelah jaksa penuntut umum mengumumkan bahwa Bahrian telah membatalkan permintaan untuk mengekstradisinya.

Walau begitu, belum jelas apa yang membuat pemerintah negara Timur Tengah itu membatalkan tuntutannya. Tapi yang pasti Hakeem Al Araibi saat ini sudah bisa kembali berkumpul bersama keluarga dan bersiap kembali ke Australia.

Sebelumnya, kasus yang menimpa sang pemain membuat dirinya mendapat dukungan dari sesama pesepak bola. Salah satunya adalah kapten Juventus, Giorgio Chiellini, yang secara terang-terangan meminta agar Hakeem segera dibebaskan.

Comments
Loading...