Thailand Gagal Ikuti Jejak Vietnam di Piala Asia

Football5star.com, Indonesia – Thailand harus melupakan impiannya lolos ke perempat final Piala Asia untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini tak lepas dari kekalahan 1-2 yang mereka derita dari Cina di babak 16 besar, Minggu (20/1/2019).

Thailand sejatinya mengawali laga dengan cukup baik pada laga kali ini. Ini dibuktikan dengan keunggulan yang mereka ciptakan pada menit ke-31. Berawal dari tendangan sudut, Supachai Jaided berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Cina.

Ia dengan tenang menceploskan bola ke gawang setelah lolos dari jebakan offside. Gol ini pun membuat Cina tersentak. Mereka hampir saja menyamakan kedudukan satu menit jelang jeda, tapi sundulan Yu Dabao masih melenceng tipis dari gawang Thailand.

thailand vs cina
@afcasiancup

Negeri Tirai Bambu akhirnya bangkit pada babak kedua. Dua gol berhasil dibuat dalam kurun waktu empat menit. Zhi Xiao sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-67. Kendati sundulannya berhasil digagalkan kiper Thailand, bola muntah yang kembali padanya tidak ia sia-siakan.

Setelah itu, anak asuh Marcelo Lippi mendapat keuntungan setelah wasit menunjuk titik putih usai Chalempong Kerdkaew menjatuhkan Gao Lin di kotak terlarang. Gao Lin yang mengambil sendiri eksekusi penalti menjalankan tugasnya dengan baik.

Cina sejatinya mampu menambah keunggulan menjadi 3-1. Tapi gol tersebut dianulir wasit setelah pemain mereka sudah lebih dulu terjebak offside.

Pada masa injury time, Thailand hampir saja memaksa laga ke babak tambahan. Tapi tendagan keras gelandang mereka masih mampu ditepis Yan Junling.

Hingga akhir pertandingan, skor 2-1 untuk kemenangan Cina tidak berubah. Dengan hasil ini, Negeri Gajah Putih gagal mengikuti jejak sesama negara Asia Tenggara, Vietnam, yang lolos ke babak perempat final PIala Asia.

Susunan Pemain:

Thailand (3-4-3): 23-Siwarak Tedsungnoen; 6-Pansa Hmviboom, 4-Chalermpong Kerdkaew, 16-Mika Chunuonsee; 19-Tristan Do, 8-Thitipan Puangchan, 17-Tanaboon Kesarat (Pokkhao Anan 81’), 3-Theerathon Bunmatan; 18-Chanathip Songkrasin, 10-Teerasil Dangda, 22-Supachai Jaided (Chayanan Pombuppha 63’)

Pelatih: Sirisak Yodyardthai

Cina (4-3-3): 1-Yan Junling; 5-Zhang Linpeng, 6-Xiaoting Feng, 4-Ke Shi, 19-Yang Liu (Jin Jingdao 64’); 10-Zhi Zheng, 15-Xi Wu (Xuri Zhao 82’), 11-Hao Junmin; 22-Yu Dabao (Xiao Zhi 64’), 7-Wu Lei, 18-Gao Lin

Pelatih: Marcelo Lippi

Comments
Loading...