Thiago: Guardiola Ubah Sepak bola Jerman

Football5star.com, Indonesia – Gelandang Bayern Munich Thiago Alcantara menilai pelatih asal Spanyol Pep Guardiola telah mengubah gaya sepak bola Bundesliga.

Guardiola mulai melatih Bayern pada 2013. Ia bertahan selama tiga tahun di klub tersebut dan selalu membawa Der Bavarians juara Bundesliga.

Menurut Thiago, sebelum Guardiola tiba, Bundesliga Jerman sangat fokus pada aspek kekuatan fisik. Akan tetapi setelah Guardiola melatih Bayern selama tiga tahun, Thiago merasa penguasaan bola dan tampil mendominasi di atas lapangan menjadi hal yang lebih penting di Bundesliga.

Klub-klub di Jerman serta Timnas Jerman pun mulai mengikuti ide sepak bola Guardiola. Dan hasilnya terlihat ketika Der Panzer menjadi juara dunia.

“Guardiola membawa penekanan lebih besar pada dominasi dan mengendalikan permainan,” kata Thiago kepada Marca.

“Bundesliga sebelumnya selalu menjadi kompetisi tentang kekuatan dan gol. Tapi, Guardiola mengubah konsep sepak bola Jerman secara umum dan Timnas Jerman menemukan harmoni yang membuat mereka menjadi juara dunia,” Thiago menambahkan.

Selama melatih Bayern, Guardiola mengantar klub itu menjuarai tiga Bundesliga, dua DFB-Pokal, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Kini, mantan pelatih Barcelona itu melatih Manchester City di Liga Inggris. Sayangnya, musim lalu Guardiola gagal meraih gelar.

Comments
Loading...