Thomas Tuchel Aneh Le Classique Tersaji pada Awal Musim

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Thomas Tuchel, mengkritik jadwal laga lawan Olympique Marseille yang tersaji pada pekan ketiga. Menurut dia, seharusnya laga Le Classique mendapatkan perlakuan khusus dan tak digelar pada awal musim.

Le Classique yang mempertemukan PSG dengan Marseille adalah laga terbesar dalam kalender kompetisi Liga Prancis. Menurut Tuchel, sebagai etalase utama, laga ini seharusnya digelar saat kedua tim berada pada kondisi terbaik.

“Ini adalah partai terbesar di Prancis. Kita selalu mengatakan begitu. Namun, saya sangat kaget mengetahui laga sangat besar Ligue 1 dijadwalkan berlangsung pada pekan ketiga. Saya tak dapat mengerti ini!” kata Thomas Tuchel seperti dikutp Football5Star.com dari Sport24.

Laga Le Classique pada musim 2019-20 baru tersaji pada 27 Oktober 2019.
foot01.com

Tuchel lantas mengungkapkan waktu yang dinilai lebih pas untuk laga Le Classique. “Laga seperti ini seharusnya digelar pada Oktober atau November dengan kedua tim sudah ‘berlari’, berada dalam kapasitas terbaik dan siap untuk bertarung pada level terbaik. Patut diingat, ini laga untuk semua orang, para penonton di seluruh Eropa,” urai dia.

Untuk edisi kali ini, Tuchel ragu PSG dan Marseille berada pada performa terbaik karena baru mengawali musim. Apalagi, kedua tim itu juga sama-sama baru melakoni dua pertandingan.

“Semua orang ingin menang dengan berada pada level tertinggi. Ini tak mungkin dicapai bila kami baru menjalani laga kedua. Ini juga berlaku bagi Marseille. Saya benar-benar tak dapat memahami hal ini,” ujar Tuchel lagi.

Le Classique Jarang pada Awal Musim

Laga PSG vs Marseille pada 1991-92 tersaji pada pekan ke-5 Ligue 1.
archivesparisfootball.wordpress.com

Bila ditelusuri, laga Le Classique pada awal musim memang terbilang jarang. Pertemuan pertama PSG dengan Marseille sejak 2008-09 persis seperti yang diinginkan Thomas Tuchel, yakni berlangsung pada Oktober atau November.

Sebelum musim ini, laga Le Classique yang berlangsung pada September tersaji pada musim 2007-08. Namun, kala itu, Les Parisiens dan Les Phoceens baru bertemu pada pekan ke-7. Artinya, mereka datang dengan bekal 6 pertandingan di Ligue 1.

Adapun satu-satunya Le Classique yang berlangsung lebih awal dari musim ini terjadi pada 1979-80. Kala itu, PSG harus menjamu Marseille pada pekan ke-2 Ligue 1 yang berlangsung pada 3 Agustus 1979. Setelah itu, laga PSG vs Marseille paling cepat tersaji pada pekan ke-5, yakni pada 1991-92, 1993-94, dan 2006-07.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More