Thomas Tuchel Ungkap Alasan PSG Main Bertahan Lawan Leipzig

Football5Star.com, Indonesia – Paris Saint-Germain (PSG) hanya menang 1-0 atas RB Leipzig pada matchday IV Liga Champions, Rabu (25/11/2020) dini harI WIB. Satu-satunya gol tim asuhan Thomas Tuchel pun tercipta dari penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Neymar pada menit ke-11.

Tuchel mengatakan, PSG terlihat bermain bermain buruk dalam laga melawan Leipzig karena tampil lebih defensif. Pelatih asal Jerman itu pun mengakui Les Parisiens bisa dikatakan beruntung dapat mencetak gol pada pertandingan di Stadion Parc des Princes stersebut.

“Kami kurang beruntung di Leipzig, tapi mendapatkannya pada malam ini. Kami bermain dengan penuh solidaritas dan bertahan dengan penuh nyali. Selalu bersama. Itu sebabnya kami menang,” kata Tuchel selepas laga PSG vs RB Leipzig seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi UEFA.

Getty Images

Tuchel lantas menjelaskan alasan PSG tampil lebih defensif sehingga terkesan bermain buruk. Hal itu pun jadi sasaran kritik kubu Leipzig. Di antaranya oleh pelatih Julian Nagelsmann.

“Perandingan tadi menuntut kami bertahan lebih dalam. Kami hanya melakukan hal yang dituntut dari permainan. Saya tak akan meminta maaf untuk hal itu,” ucap dia dengan tegas. “Kami ingin menyerang. Kami telah melakukan itu sebelumnya. Namun, kadang kada itu tak mungkin (karena kondisi fisik).”

Lebih lanjut, Tuchel menjelaskan, “Kami telah memainkan 11 laga di Liga (Prancis) dan 4 laga di Liga Champions dan ada sekitar 100 cedera sepanjang waktu itu. Rata-rata kami punya 7 pemain cedera pada setiap laga. Malam ini, tak mungkin keluar dari tekandang dengan bola. Kami harus menerima itu.”

Tuchel Harap Kondisi PSG Membaik

Kondisi tim yang buruk memaksa Thomas Tuchel memainkan beberapa pemain yang sebetulnya belum betul-betul siap tampil. Dia antara lain menunjuk Marco Verratti yang masuk pada babak kedua menggantikan Ander Herrera. Tentu saja, eks pelatih Borussia Dortmund itu berharap kondisi timnya membaik.

Getty Images

“Kami akan menjalani ‘final’ lain di Manchester pada pekan depan. Saya harap kami mampu melakukan recovery, tapi ada laga lagi pada Sabtu nanti. Verratti hari ini bermain tanpa pernah berlatih. Hal sama juga dilakoni Neymar. Itulah realitasnya,” urai Tuchel lagi.

Tuchel tak peduli jika itu dianggap sebagai dalih belaka. Dia memastikan PSG akan bermain lebih baik jika semua pemain dalam kondisi bagus. Namun, hal itu tak dimiliki Les Parisiens pada saat ini.

“Hal tersulit adalah menemukan 11 pemain yang mampu memberikan pengaruh secara fisik. Kami akan bersiap untuk laga lawan Manchester United. Jika para pemain merasa lebih baik, kami akan bermain lebih baik. Jika harus bertahan lebih dalam lagi, kami akan melakukannya,” ujar Thomas Tuchel.

Liga ChampionsParis Saint-GermainRB LeipzigThomas Tuchel