Tiga Klub London Tampil di Final Kejuaraan Eropa

Football5star.com, Indonesia – Dua final kejuaran Eropa, Liga Champions dan Liga Europa telah diketahui wakilnya. Tiga dari empat kontestan berasal dari kota London. Dua klub asal kota London, Chelsea dan Arsenal, berhasil lolos ke final Liga Europa setelah menyingkirkan lawannya masing-masing pada Jumat (10/5/2019) dini hari WIB.

Chelsea dan Arsenal menyusul klub asal kota London lainnya, Tottenham Hotspur lolos ke partai final kejuaraan Eropa. Spurs, sehari seseblumnya memastikan diri berlaga di partai final Liga Champions menghadapi Liverpool setelah menyingkirkan wakil Belanda, AFC Ajax.

Ini menjadi sejarah baru dalam persepakbolaan Eropa, pertama kalinya sebuah kota mampu menempatkan tiga wakilnya sekaligus berlaga di dua partai final kejuaraan Eropa di tahun yang sama.

arseblog.news

Tottenham Hotspur tampil heroik lolos ke final Liga Champions setelah sebelumnya mengalami kekalahan 1-0 di leg pertama. Namun, di leg kedua, Spurs mampu membalikkan keadaan dengan mengalahkan Ajax dengan skor 3-2. Hasil tersebut membuat Spurs lolos ke final dengan agregat 3-3, unggul produktivitas gol tandang.

All English Final di Liga Europa

Sedangkan, Chelsea dan Arsenal akan saling mengalahkan di final Liga Europa. The Blues yang berasal dari London Barat berhasil menyingkirkan wakil Jerman, Eintracht Frankfurt, melalui drama adu penalti setelah 120 menit bermain imbang 1-1 (agregat 2-2).

independent.co.uk

Sementara, Arsenal yang berasal dari London Utara, menyingkirkan wakil Spanyol, Valencia dengan skor agregat 7-3. Prestasi dari tiga klub tersebut membuat ibu kota Inggris mendominasi kejuaraan Eropa tahun ini.

Sebelumnya, prestasi yang mendekati hanya sebuah negara mampu meloloskan tiga wakilnya di kejuaaraan Eropa. Pada 1980, Jerman mampu melakukannya. Eintracht Frankfurt dan Borussia Monchengladbach saling berhadapan di final Piala UEFA, sementara Hamburg melawan Nottingham Forest di final Piala Champions.

Italia mampu melakukannya dua kali pada tahun 1990 dan 1998. Pada 1990, Juventus menghadapi Fiorentina di final Piala UEFA. AC Milan menghadapi Benfica di final Liga Champions. Sedangkan pada 1998, Juventus di final Liga Champions menghadapi Real Madrid. Dua tim Serie A lainnya, Inter Milan dan Lazio saling berhadapan di final Piala UEFA.

Comments
Loading...