Tiga Klub yang Berpeluang Menjuarai Liga Champions Musim 2015-16

Liga Champions saat ini sudah mencapai babak 16-Besar. Laga leg pertama sudah dilakukan dan sejumlah klub kian memantapkan laju ke fase berikutnya. Melihat hasil sejauh ini, sebuah penyedia data statistik sepak bola, Euro Club Index (ECI), merilis peluang juara masing-masing klub. Hasilnya hanya ada tiga klub yang paling menonjol sehingga dianggap berpeluang besar meraih trofi liga Champions.

Untuk memprediksinya ECI membuat kalkulasi berdasarkan sistem indeks yang mereka buat serta peluang di setiap laga. Indeks mereka hasilkan dari perhitungan berbagai hal mulai dari hasil laga dalam tiga musim terakhir, “nilai” sebuah kompetisi, hingga tren pertandingan terakhir. Semua mereka padu dengan sistem tersendiri agar menghasilkan kalkulasi yang objektif dan valid.

Perhitungan itu menghasilkan bahwa calon juara Liga Champions 2015-16 hanya ada tiga klub. Tim-tim itu adalah para favorit seperti Barcelona, Real Madrid, dan Bayern Muencen.

Dari semuanya, Barcelona berada di urutan terdepan. Kans mereka untuk menjuarai Liga Champions menurut ECI mencapai 38,7 persen.

Hasil ini sangat mencolok dibanding perolehan tim lain. Sebagai contoh dibandingkan dengan kans Madrid yang ada di peringkat kedua menurut ECI. Peluang juara Los Blancos hanya 25,8 persen. Belum lagi jika diadu dengan perolehan Bayern. Die Roten “cuma” memiliki kans sebesar 12,8 persen.

Meski begitu, kans Bayern dan Madrid tetap jauh lebih tinggi di antara semua klub lain kecuali Barcelona. Pasalnya, rata-rata peluang klub lain tidak mencapai 10 persen. Contohnya ialah Paris Saint-Germain yang ada di bawah Die Roten diperkirakan hanya memiliki peluang juara 7,8 persen.

Apakah prediksi ini akan menjadi kenyataan? Yang jelas, Barcelona dan Madrid sudah meraih kemenangan di kandang lawan di leg pertama babak 16-Besar. Sedangkan, Die Roten juga dalam posisi apik karena bermain seri 2-2 di kandang Juventus pada fase yang sama.

Comments
Loading...