Tim Italia Jadi Mimpi Buruk Madrid Di Kompetisi Eropa

Real Madrid akan menghadapi AS Roma di babak 16-besar Liga Champions musim ini. Meski diunggulkan untuk lolos, El Real harus menghapus rekor buruk mereka saat bertemu tim-tim Italia di babak knockout kompetisi Eropa.

Madrid lebih dulu melawat ke Olimpico Roma pada 17 Februari 2016 di leg pertama, sebelum gantian jadi tuan rumah di Santiago Bernabeu pada 8 Maret 2016.

Melihat performa terkini kedua tim plus para pemain yang ada di dalamnya, Madrid jelas lebih diunggulkan untuk bisa menyingkirkan Roma dan melaju ke perempatfinal.

Namun, Madrid harus waspada pada satu hal yakni catatan buruk mereka saat bertemu tim-tim Italia khususnya di fase knockout kompetisi Eropa. Pasalnya sejak 1989, Madrid selalu kalah dari wakil Negeri Pizza itu di babak gugur.

Catatan buruk itu dimulai pada 1988-89 saat mereka bertemu AC Milan di semifinal Piala Champions. Main imbang 1-1 di leg pertama, Madrid kalah telak 0-5 di leg kedua.

Lalu Milan kembali jadi mimpi buruk Madrid semusim kemudian di kompetisi yang sama, tapi di fase yang berbeda yakni putaran kedua Piala Champions. Milan menang 2-0 di leg pertama sebelum kalah 0-1 di leg kedua.

Pada musim 1991-92, Madrid kembali dihentikan tim Italia yakni Torino, di ajang Piala UEFA. Pada laga semifinal tersebut, Los Blancos kalah agregat total 2-3 dari Il Toro.

Juventus jadi tim kedua yang menyingkirkan Madrid di Liga Champions 1995-96. Pada babak perempatfinal, Madrid takluk agregat total 1-2 dari Juve.

Juve lagi-lagi mampu menyingkirkan Madrid. Mereka melakukannya pada musim 2002-03 di fase semifinal. Lalu di musim 2004-05, Juve mengalahkan Madrid dengan agregat total 2-1 di fase 16-besar.

Roma, yang bakal jadi lawan Madrid di babak 16 besar musim ini, juga pernah menyingkirkan tim ibukota Spanyol itu pada musim 2007-08. I Lupi menang 2-1 baik di laga kandang maupun tandang.

Musim lalu tentu masih ingat ketika Juve menghentikan Madrid yang berstatus juara bertahan Liga Champions di semifinal dengan agregat 3-2.

Selalu keok di delapan pertemuan dengan tim-tim Italia di fase gugur kompetisi Eropa, bagaimana dengan yang kesembilan kali ini?

Comments
Loading...