Timnas Basque Ajukan Permohonan Jalani Laga Internasional

Football5star.com, Indonesia – Wilayah Basque sepertinya selangkah lebih maju daripada Katalonia dalam perjuangan di dunia sepak bola. Ini tak lepas dari upaya Federasi Sepak Bola Basque (FEFF) yang mengajukan permohonan agar timnasnya bisa menjalani laga internasional dalam waktu dekat.

Seperti yang diketahui, Basque adalah salah satu wilayah di Spanyol yang menginginkan kemerdekaan dari Spanyol. Bahkan di wilayah tersebut terdapat juga angkatan bersenjata bernama ETA, yang dianggap pemerintah Spanyol sebagai kelompok separatis.

Sementara dari sisi sepak bola, setidaknya ada empat klub LaLiga yang berasal dari Basque seperti Athletic Bilbao, Real Sociedad, Alaves, serta Eibar. Bahkan klub yang disebutkan pertama memiliki 99 persen pemain putra daerah Basque.

timnas basque ajukan permohonan berlaga internasional
insideathletic.com

Memiliki talenta-talenta jempolan, FEFF pun mengajukan permohonan pengakuan dari FIFA dan UEFA untuk menyelenggarakan laga internasional. Keputusan ini diambil usai terpilihnya 43 suara dari 44 voter dari federasi dalam Majelis Umum tahunan.

Setelah mendapat persetujuan, federasi yang diketuai Luis Maria Elustondo akan memberitahukan hal ini kepada Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Jika RFEF menyetujui permintaan ini, maka FIFA dan UEFA tidak ada alasan untuk menolak keinginan tersebut.

Akan tetapi, jika RFEF menolak keinginan Timnas Basque berpisah dari La Furia Roja, FEFF siap menngajukan banding ke pengadilan olahraga internasional. Jika nantinya pengajuan ini disetujui, bisa dipastikan Timnas Basque berkesempatan tampil di Piala Dunia, Piala Eropa, maupun UEFA Nations Leage.

Kendati baru mengajukan permohanan lepas dari timnas Spanyol, Timnas Basque sejatinya sudah terbentuk sejak 1913 silam. Namun, keberadaan mereka tidak diakui FIFA dan UEFA sehingga mereka hanya bisa menggelar laga testimonial saja.

Laga terakhir mereka terjadi pada Oktober lalu saat menjamu Venezuela di Stadion Mendizorrotza, Alaves. Pada laga tersebut Aritz Aduriz dan kolega menang 4-2.

Comments
Loading...