Timnas Belanda Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018, Gullit Salahkan Lapangan Sintetis

Football5star.com, Indonesia – Timnas Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018 karena menduduki posisi ketiga klasemen grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018. Legenda Tim Oranye, Ruud Gullit, menyalahkan faktor lapangan.

Timnas Belanda tampil buruk pada Kualifikasi Piala Dunia 2018. Skuat arahan Dick Advocaat itu menelan tiga kali kekalahan dalam 10 pertandingan pada fase grup. Hal itu membuat Belanda berada di posisi ketiga, di bawah Prancis dan Swedia. Belanda dan Swedia sama-sama mengoleksi 19 poin, namun Negeri Kincir Angin kalah agresivitas gol.

Karena kegagal itu, legenda timnas Belanda, Ruud Gullit, angkat bicara. Menurut Gullit, penyebab timnas Belanda gagal lolos adalah para pemain tak terbiasa bermain di lapangan sintetis. Sebab, hanya enam tim Liga Belanda yang menggunakan lapangan berumput sintetis.

“Saya sudah sering bilang, kami tidak bisa menggunakan lapangan seperti itu. Tetapi di Belanda saat ini sedang gencar promosi lapangan sintetis,” kata Gullit dilansir dari ESPN.

“Orang-orang yang menyetujui lapangan sintetis biasanya memiliki kepentingan. Dan orang itu ada di KNVB (PSSI-nya Italia). Itu akan membuat mereka sulit dilawan,” tutur eks pemain AC Milan itu.

Faktor lain yang membuat timnas Belanda gagal adalah para pemain muda yang memilih hengkang ke luar negeri sebelum matang di negeri sendiri. Belanda bisa kehilangan wonderkid-nya lagi jika Justin Kluivert memutuskan untuk menerima pinangan Barcelona atau Manchester United.

Comments
Loading...