Timnas Belanda Juara Piala Eropa Putri 2017 di Rumah Sendiri

Football5star.com, Indonesia – Timnas Belanda sukses menjuarai UEFA European Women’s Championship atau Piala Eropa Putri 2017. Gelar perdana ini diraih Belanda usai mengalahkan Denmark pada partai puncak di rumah sendiri, De Grolsch Veste, Enschede, Minggu (6/8/2017).

Tampil sebagai tuan rumah, Belanda memang tampil perkasa sejak fase grup. Di Grup A, tim asuhan pelatih Sarina Wiegman ini mampu tampil sebagai pemuncak klasemen dengan hasil sempurna, tiga kemenangan dari tiga pertandingan.

Hebatnya lagi, selama tiga laga di Grup A, gawang Leeuwinnen -julukan Timnas Putri Belanda, hanya kebobolan satu gol, yakni kala menang 2-1 atas tetangganya, Belgia, di laga terakhir.

Setelah lolos ke babak perempat final, gawang yang dikawal Sari van Veenendaal tak lagi ternoda dalam dua laga beruntun. Belanda menang 2-0 atas Swedia dan 3-0 atas Inggris guna melaju ke final menantang Denmark.

Di partai puncak, duel sengit tersaji antara kedua tim. Denmark, yang notabene lolos sebagai runner-up Grup A di bawah Belanda, mampu unggul lebih dahulu melalui gol penalti Nadia Nadim saat laga baru berumur enam menit.

Akan tetapi, Belanda langsung bangkit dan menyamakan skor empat menit berselang melalui Vivianne Miedema. Belanda bahkan mampu berbalik unggul pada menit ke-28 lewat gol Lieke Martens. Namun, babak pertama harus berakhir imbang 2-2 setelah Denmark mencetak gol kedua via kapten tim, Pernille Harder, pada menit ke-33.

Pada babak kedua, Belanda memastikan kemenangan dengan mencetak dua gol tambahan. Kapten Belanda, Sherida Spitse, mencetak gol pada menit ke-51 untuk membuat Denmark kembali tertinggal. Pesta Belanda disempurnakan melalui brace Miedema Β satu menit jelang waktu normal berakhir. Belanda mengunci kemenangan 4-2 atas Denmark.

Dari Eropa Menuju Dunia

Gelar Eropa ini membuat Belanda kian optimistis dalam menatap kualifikasi Piala Dunia Putri 2019. Β “Kami akan berpesta. Lalu, setelahnya baru kami akan memikirkan kualifikasi Piala Dunia karena jelas kami ingin berada di sana,” ucap Pelatih Belanda, Sarina Wiegman, di laman UEFA.

Miedema, meski mencetak dua gol di final, gagal menggeser penyerang Inggris, Jordie Taylor, di daftar top skorer Piala Eropa Putri 2017. Miedema mengumpulkan 4 gol dan berhak atas Sepatu Perak, terpaut satu gol dari Taylor yang menyabet Sepatu Emas.

“Aku tahu momen untukku akan datang dan aku sangat senang bisa membantu tim hari ini. Mencetak gol terakhir pada skor 4-2 sangat menyenangkan karena semua berakhir setelah gol itu. Aku tak tahu, aku cuma bahagia dan tak bisa menjelaskannya secaa detail,” sebut Miedema.

Bagi Belanda, ini menjadi gelar perdana di ajang Piala Eropa Putri. Sebelumnya, prestasi terbaik mereka adalah mencapai semifinal pada edisi 2009. Sementara Denmark, setelah sempat tiga kali menjadi semifinalis pada 1984, 2001, dan 2013 serta menempati peringkat ketiga pada 1991 dan 1993, kali ini kembali gagal mengangkat trofi juara.

Jerman masih menjadi pengoleksi gelar terbanyak dengan 8 kali menjadi jawara. Norwegia yang berada di urutan kedua, terpaut cukup jauh dengan koleksi 2 titel. Belanda sendiri bersama Swedia, sama-sama baru sekali juara.

Belanda, UEFA European Women's Championships, Piala Eropa Putri 2017,
Timnas Putri Belanda menjuarai UEFA European Women’s Championship atau Piala Eropa Putri 2017 (uefa.com)
Comments
Loading...