Timnas Filipina Bak Joker, Bosan Dibantai Lalu Mengerikan

Football5Star.com Timnas Filipina bisa dibilang seperti Joker yang sudah bosan dengan penindasan lalu tampil mengerikan. Sejak 2010, mereka menjelma menjadi salah satu tim menakutkan di Asia Tenggara.

Filipina memang sering menjadi bulan-bulanan tim ASEAN lainnya, termasuk Indonesia. Bahkan, Indonesia pernah mencatatkan kemenangan 13-1 atas Filipina pada Piala AFF (dulu Tiger) 2002.

Kendati demikian, semuanya berubah semenjak mereka mencuri perhatian 2010. Bahkan, saat ini mereka jadi salah satu timnas di ASEAN yang berperingkat tinggi, yakni 124. Indonesia saja saat ini cuma duduk di urutan 173. Mantan pelatihnya, Simon McMenemy bercerita soal penampilan tim pada sejak 2010 yang mulai menakutkan.

“Kembali ke 2010, saya praktis tak punya pemain yang bagus secara teknik. Negara lain lebih superior dalam hal teknik sepak bola. Tapi, kami mampu membuat tim yang skuatnya diisi oleh pemain yang sudah lelah kalah terus,” ungkap Simon McMenemy dikutip dari kanal Youtube BangBes.

Timnas Filipina Bak Film Joker, Bosan Dibantai Lalu Mengerikan

“Lalu kami bertekad untuk tak kalah lagi. Kami hanya siap bertarung, bertarung, dan bertarung dengan segala yang kami punya. Saya punya banyak waktu berlatih bersama mereka,” sambung dia.

Timnas Indonesia yang sebelumnya mudah melawan Filipina, kini kesulitan. Bahkan, mereka pernah dibantai empat gol tanpa balas oleh Timnas Filipina pada ajang Piala AFF 2014.

“Kalau boleh jujur, sebenarnya kami beruntung dalam beberapa situasi tapi kalau kamu punya pemain seperti Neil Etheridge di gawang yang sekarang main di Liga Inggris atau pernah main di Liga Inggris, sebuah keuntungan besar bisa menghalangi lawan mencetak gol. Tak banyak rahasia saat itu. Sepenuhnya hanya kemauan yang kuat dan kerja keras. Kami mau, kami mau tak kalah,” pungkas dia.