Timnas Indonesia Gagal ke Piala Asia U-23 Usai Ditahan Thailand

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-22 Indonesia dipastikan gagal melaju ke putaran final Piala Asia U-23. Pada laga pamungkas kualifikasi Grup H, Indonesia ditahan imbang 0-0 oleh Thailand di Supachalasai Stadium, Bangkok, Minggu (23/7/2017).

Hasil imbang itu membuat Indonesia cuma bisa menempati peringkat ketiga di Grup H. Malaysia berhak meraih tiket ke Piala Asia U-23 usai menjadi pemuncak klasemen. Sementara, Thailand yang berada di urutan kedua, masih berharap lolos sebagai salah satu runner-up grup terbaik.

Indonesia yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke putaran final justru mendapat tekanan dari tuan rumah. Tampil di hadapan pendukung sendiri, Thailand sudah agresif menekan sejak awal laga.

Namun, laga agak terganggu karena hujan deras mengguyur Supachalasai Stadium. Intensitas hujan yang begitu tinggi membuat beberapa bagian lapangan mulai tergenang air. Situasi itu membuat kedua tim mengalami masalah dalam menerapkan strategi.

Meski begitu, Thailand sempat beberapa kali menebar ancaman. Beruntung bagi Indonesia, performa lini belakang anak asuh Luis Mulla masih solid. Kurniawan Kartika Aji pun tampil sigap di bawah mistar gawang.

Sepanjang babak pertama, Thailand menguasai permainan dengan ball possessions hingga 55 persen berbanding 45 persen untuk Indonesia. Kedua tim sama-sama melepas 2 tembakan dan hanya satu yang on target. Namun, tak ada satu pun gol yang mampu diciptakan kedua tim.

Pada babak kedua, Thailand lebih dahulu menyengat. Dua peluang emas sanggup diciptakan anak asuh Worrawoot Srimaka pada lima menit awal. Beruntung, gawang kawalan Kartika Aji masih aman dari gol.

$25 Kroger Gift Cards Presents at www.krogerfeedback.com

Di kubu Indonesia, Milla coba mengubah strategi dengan menurunkan bomber muda Persipura, Marinus Wanewar, menggantikan Septian David Maulana. Kehadiran Marinus, yang bermodal postur tubuh besar, memberi warna terhadap daya gedor Garuda Muda.

Pada menit ke-62, Indonesia hampir bisa membobol gawang Thailand. Umpan kepala Marinus disambut Osvaldo Haay dengan sontekan kaki kiri tepat di muka gawang. Namun, bola masih menyamping tipis dari gawang.

Masuknya Saddil Ramdani menggantikan Yabes Roni pada menit ke-72 membuat variasi serangan Indonesia kian berkembang. Duel kedua tim menjadi lebih sengit. Thailand tak lagi mutlak mendominasi permainan. Indonesia gantian lebih banyak menciptakan peluang emas mencetak gol.

Sayang, sampai laga berakhir, Indonesia gagal memecah kebuntuan. Gol yang dinanti tak tercipta sampai peluit panjang dibunyikan. Indonesia dan Thailand harus puas berbagi skor kacamata pada laga pamungkas Grup H.

Hasil ini jelas menjadi keuntungan bagi Malaysia, yang memastikan langkah ke putaran final Piala Asia U-23. Malaysia mengakhiri perjalanan di Grup H dengan kemenangan 2-0 atas Mongolia di Supachalasai Stadium, Bangkok, Minggu (23/7).

Kedua gol Malaysia masing-masing diciptakan oleh Thanabalan pada menit ke-50 dan Muhammad Syazwan Zaipol Bahari menit ke-86. Kemenangan ini membuat Malaysia mengumpulkan 6 poin hasil dua kemenangan dan sekali kalah serta berhak menjadi pemuncak klasemen Grup H.

Pada laga perdana, Malaysia menang 3-0 atas Indonesia dan setelahnya kalah 0-3 dari Thailand. Malaysia mengantongi selisih gol 5-3. Di posisi kedua, ada Thailand dengan poin 5, diikuti Indonesia di peringkat ketiga dengan 4 poin, dan Mongolia 1 poin.

Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Kurniawan Kartika Aji; Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama, Bagas Adi Nugroho, Rcky Fajrin; Hargianto, Evan Dimas, Osvaldo Haay; Febri Haryadi, Yabes Roni (Saddil Ramdani 72′), Septian David Maulana (Marinus Wanewar 52′)
Pelatih: Luis Milla

Thailand (4-2-3-1): Nont Muangngam; Ratthanakorn Maikami, Shinnaphat Leeaoh, Saringkarn Promsupa, Suriya Singmui; Nopphon Phonkam, Phitiwat Sukjitthammakul; Sasalak Haiprakhon, Panudech Maiwong, Chaiyawat Buran; Chenrop Shampaodi
Pelatih: Worrawoot Srimaka

Comments
Loading...