Ponaryo: Format Baru Piala AFF Sulitkan Timnas Indonesia

Football5star.com, Indonesia – Eks Gelandang Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman menyoroti format baru Piala AFF 2018. Ia menilai bahwa kondisi tersebut juga turut memberatkan langkah Merah Putih dalam ajang yang dulunya bernama Piala Tiger tersebut.

Ponaryo Astaman: Format Baru Piala AFF Sulitkan Timnas Indonesia
hikam/football5star

Piala AFF 2018 menjadi tonggak sejarah dari ajang sepak bola di Asia Tenggara. Kali ini kompetisi tersebut dibuat dengan sistem semi tandang dan kandang sejak babak grup.

Berbeda dari format sebelumnya yang memainkan babak grup di dua negara yang menjadi tuan rumah. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menyebutkan bahwa model kompetisi tersebut dapat memuluskan langkah Timnas Indonesia untuk menjadi juara Piala AFF 2018 untuk pertama kali.

“Sedikit banyak pasti iya berbeda muatan dan harus ada away. Saya yakin itu juga memberi  kontribusi apa yang dialami timnas,” kata Ponaryo Astaman saat ditemui di Kebon Sirih Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2018).

Timnas Indonesia juga tergolong masuk dalam grup neraka di Piala AFF 2018. Pria yang kini menjadi General Manager Asosiasi Pesepak Bola Profesional seluruh Indonesia tersebut menilai bahwa kekuatan tim di Asia Tenggara kini mulai merata.

“Kalau hasil drawing di Asia Tenggara kita tidak bisa memilih. Hampir sama mayoritas negara-negara berkembang tidak bisa diangkap ada yang lemah sekali,” tuturnya.

Soal persaingan menjadi juara Ponaryo Astaman beranggapan bahwa Thailand masih memiliki kans besar untuk mempertahankan gelar. “Masih ada Thailand dan Vietnam, saya pikir Malaysia tidak masuk calon juara.”

Comments
Loading...