Ponaryo Ungkap Penyebab Striker Lokal Tenggelam

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Mantan penggawa timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, memberikan komentarnya soal banyaknya striker naturalisasi di skuat Luis Milla saat ini. Menurutnya, hal tersebut tak terlepas dari banyaknya klub Liga 1 yang lebih mempercayakan pemain asing di posisi striker.

Pernyataan dari Ponaryo tersebut didasari oleh dipilihnya Beto Goncalves untuk memperkuat timnas di ajang Asian Games 2018. Untuk di kompetisi Liga 1, daftar top skorer saat ini masih dikuasai oleh para penyerang asing.

“Permasalahan striker lokal tak terlepas dari masalah kompetisi. Dulu waktu era Bambang Pamungkas dan Ilham Jayakesuma, tim-tim di liga menggunakan formasi 3-5-2 atau 4-4-2. Selalu ada 2 striker,” ungkap Ponaryo di acara Bedah Timnas Indonesia di Asian Games 2018 & Warisannya Untuk Masa Depan Sepak Bola Kita, Rabu 8 Agustus 2018.

“Sekarang, kebanyakan tim lokal main menggunakan formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1. Makanya lebih banyak pemain lokal yang menjadi winger. Karena semua klub di Indonesia pake winger. Mereka juga lebih percaya pemain asing untuk posisi striker,” lanjut pria berumur 39 tahun itu.

Dalam kesempatan yang sama, Ponaryo juga memberikan pandangannya mengenai banyaknya pemain naturalisasi di kompetisi Liga 1. Menurutnya, pemain naturalisasi tak berbeda dengan pemain asing pada umumnya.

“Saat ini, banyak pemain-pemain naturalisasi yang bermain di klub Liga 1. Contohnya Sriwijaya. Mereka ada 5 pemain asing dan 3 pemain naturalisasi. Jadi, mereka di setiap pertandingan mereka bisa memainkan 8 pemain asing sekaligus.”

 

Comments
Loading...