Tiga Poin di GBK Tak Jamin Timnas Indonesia ke Semifinal

Football5star.com, Indonesia – Kekalahan 1-4 dari Thailand membuat langkah timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018 semakin berat. Nasib Hansamu Yama dkk kini harus bergantung kepada hasil pertandingan yang dialami Filipina dan Singapura.

Saat ini, tim racikan Bima Sakti Tukiman menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup B Piala AFF 2018. Mengantongi poin sama seperti Singapura dengan tiga angka. Selisih gol yang minus satu membuat tim Merah Putih harus menempati peringkat lebih bawah.

Timnas Indonesia tinggal menyisakan satu pertandingan lagi melawan Filipina di GBK pada Minggu (25/11) malam. Seandainya mampu mengamankan tiga angka tambahan untuk digenapkan menjadi enam, langkah runner-up lima kali tesebut belum terbilang aman.

indonesia-thailand
twitter: @PSSI

Jumlah kebobolan tim Merah Putih  kini lebih banyak dibandingkan calon lawan terakhir. Seandainya Neil Etherridge dkk kalah melawan Thailand sebelum datang ke Jakarta pun, mereka masih bisa lolos karena selisih gol yang lebih sedikit.

Lawan lain yang masih jadi batu sandungan besar adalah Singapura. Anak asuh Fandi Ahmad saat ini mengantongi poin sama dengan tim Merah Putih. Mereka masih punya tiga poin potensial dari melawan Timor Leste yang artinya dalam tiga laga, mereka bisa kumpulkan enam poin.

Berdasarkan peraturan yang dirilis AFF untuk turnamen tahun ini, tim dengan peringkat lebih tinggi dihitung berdasarkan selisih gol. Artinya, tim Merah Putih harus berharap Hasan Sunny dkk kebobolan lebih banyak dalam dua pertandingan terakhir mereka. Ditambah kalah melawan Thailand dalam laga terakhir mereka di fase grup Piala AFF 2018.

Jika ingin lolos, timnas Indonesia harus menang dengan skor besar melawan Filipina sambil berharap Singapura kalah dengan skor telak dari Thailand. Dengan demikian, defisit gol anak asuh Bima Sakti bisa lebih sedikit dari dua tim di atas.

Comments
Loading...