Timnas Jerman Setuju Pakai Bunga Poppy Saat Hadapi Inggris

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Jerman menyetujui permintaan Inggris untuk mengenakan ban hitam dengan bunga poppy pada laga kedua tim. Hal itu ditegaskan Presiden DFB Reinhard Grindel, Rabu (8/11/2017). Menurut dia, hal tersebut bukan lambang politik sehingga sah dan tak melanggar aturan FIFA.

“Saya menyambut baik putusan untuk memperbolehkan tim Inggris dan Jerman memakai ban dengan bunga poppy. Saya menilai itu bukanlah propaganda politik atau semacamnya,” terang Grindel seperti dikutip The Telegraph.

Dalam pandangan Grindel, bunga poppy yang kerap dipakai di sepak bola Inggris justru selaras dengan semangat sepak bola. “Ini tentang upaya mereka memperingati berbagai nilai yang tercampakkan pada dua Perang Dunia, tapi dijunjung tinggi di dunia sepak bola, yakni saling menghormati, toleransi, dan kemanusiaan,” lanjut dia.

Bunga Poppy adalah simbol peringatan bagi para pahlawan dan korban Perang Dunia.
dw.com

Pihak Football Association (FA) menyampaikan terima kasih atas persetujuan timnas Jerman. “Telah begitu banyak orang yang mengorbankan dirinya dan kami akan menghormati mereka, baik di dalam maupun luar lapangan, untuk laga kami melawan timnas Jerman. Saya menyampaikan terima kasih kepada DFB yang juga menyetujui pemakaian bunga poppy untuk laga ini guna menunjukkan solidaritas dan kebersamaan pada masa penting ini,” beber Chief Executive Martin Glenn.

Pemakaian bunga poppy di sepak bola Inggris sudah termasuk tradisi. Itu dilakukan sebagai penghormatan bagi para pahlawan negeri itu dan korban dalam dua perang dunia. Perdebatan sempat muncul ketika FIFA melarang lambang tersebut digunakan. FIFA menilai hal itu sebagai simbol politik yang terlarang ditunjukkan di arena sepak bola. Namun, larangan itu akhirnya dicabut.

Inggris dan Jerman akan bentrok dalam uji tanding yang digelar di Stadion Wembley, Sabtu (11/11/2017) dinihari WIB. Ini merupakan pertemua kedua sepanjang 2017. Sebelumnya, kedua tim bertemu pada Maret silam dalam uji tanding yang juga laga perpisahan Lukas Podolski. Jerman menang lewat gol tunggal Podolski pada laga tersebut.

Comments
Loading...